Kunjungan Wisatawan ke Sumbar Turun pada September

id wisatawan

Kunjungan Wisatawan ke Sumbar Turun pada September

Pengunjung memotret bangunan kelenteng baru See Hin Kiong baru di Padang. (ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra)

Padang, (Antara Sumbar) - Badan Pusat Statistik (BPS) Sumatera Barat (Sumbar) mencatat kunjungan wisatawan asing ke provinsi itu pada September turun 21,19 persen dibandingkan Agustus 2016.

"Pada Agustus 2016 jumlah wisatawan asing yang berkunjung mencapai 4.424 orang pada September turun menjadi 3.329 orang," kata Kepala BPS Sumbar Dody Herlando di Padang, Selasa.

Ia mengatakan kunjungan pada September 2016 masih didominasi oleh wisatawan asal Malaysia sebanyak 3.196 orang, Australia 281 orang dan Inggris 37 orang.

Sementara kunjungan dari negara lainnya Amerika Serikat 33 orang, Thailand 24 orang, Singapura 12 orang, Perancis 11 orang, India 10 orang dan negara lainnya 733 orang, ujar dia.

Ia memastikan jumlah yang terdata tersebut adalah mereka yang masuk melalui imigrasi di Bandara Internasional Minangkabau, jika sebelumnya dari Jakarta atau Medan maka akan di data di bandara kedatangan.

Sementara Ketua Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata (Asita) Sumbar Ian Hanafiah mengatakan perlu pembenahan infrastruktur di Sumbar untuk meningkatkan minat wisatawan berkunjung ke daerah ini.

Peningkatan kapasitas jalan perlu dilakukan terutama pada rute favorit jalur Padang-Bukittinggi karena saat ini sudah terlalu padat, katanya.

Kemudian ia menyarankan rumah makan dan restoran yang ada di Padang perlu membuat variasi menu agar wisatawan tidak bosan.

"Pagi makan nasi Padang, siang juga, malam kembali nasi Padang, kalau tiga hari tentu orang akan bosan," katanya.

Menurutnya masakan Padang cukup enak tapi perlu ada variasi dengan masakan nusantara lainnya.

Dulu ada beberapa rumah makan dengan menu masakan dari daerah lain tapi tidak bertahan lama, sekarang ada beberapa restoran yang dinilai bisa menyediakannya, ujarnya. (*)