FPTI Sawahlunto Target Lima Medali Emas Porprov

id FPTI Sawahlunto

Sawahlunto, (Antara Sumbar) - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kota Sawahlunto, Sumatera Barat(Sumbar), mematok sebanyak lima medali emas untuk diraih pada ajang Porprov XIV di Kota Padang, 19-29 November 2016.

"Kami mengirim 21 orang atlet putra dan putri untuk mengikuti seluruh kelas yang dipertandingkan, dengan target unggulan di kelas Youth, Lead Spider serta Speed Classic kategori A, B dan C," kata salah seorang official atlet Panjat Tebing setempat, Aspil di Sawahlunto, Selasa.

Disamping menjalani tahap pemusatan latihan, jelasnya, seluruh atlet tersebut juga sudah diberikan pengalaman bertanding melalui beberapa kejuaraan tingkat provinsi dan nasional, dengan pencapaian yang cukup menunjukkan peningkatan positif baik dari segi kecepatan waktu pemanjatan, teknik serta penguasaan jalur panjat dengan berbagai tingkat kesulitan.

Menurutnya, pada pelaksanaan porprov sebelumnya di Kabupaten Dharmasraya, para pemanjat asal kota itu telah menunjukkan performa yang mengejutkan dengan meraih satu medali emas, satu perak dan satu perunggu.

"Meskipun tidak diunggulkan dalam perolehan medali namun semangat para atlet dalam meraih prestasi, kami berharap trend ini bisa berlanjut diajang porprov ke-XIV nanti," ujarnya.

Terkait permasalahan atlet yang menjadi kendala utama pihak FPTI setempat, salah seorang pelatih, Bonjoy mengungkapkan kelengkapan peralatan bertanding merupakan hambatan yang paling menonjol.

"Pemotongan anggaran bagi kontingen porprov kota ini menjadi pemicu sehingga penyediaan beberapa kelengkapan bertanding terpaksa dihapus anggarannya," kata dia.

Namun, lanjutnya, kondisi tersebut diyakini tidak akan memberi pengaruh terlalu besar pada perburuan medali nanti, karena sejak semula kondisi itu sudah disosialisasikan kepada para atlet dan seluruhnya tidak merasa keberatan jika harus menggunakan kelengkapan sisa kejuaraan yang diikuti sebelumnya.

"Bertanding dibawah tekanan dan menjadi cabang olahraga yang kurang diunggulkan untuk meraih prestasi menjadi tantangan tersendiri bagi kami untuk mempersembahkan prestasi terbaik bagi kota ini," imbuhnya.

Sebelumnya, Komite Nasional Olahraga Indonesia (KONI) Kota Sawahlunto, Sumatera Barat, telah mengukuhkan kontingen Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XIV Sumbar dari kota itu.

"Kami menyiapkan sebanyak 318 atlet untuk berlaga pada 28 cabang olahraga(Cabor) yang dipertandingkan pada ajang tersebut," kata Ketua KONI setempat, Syafril. (*)