TP-PKK Dharmasraya Arahkan Nagari Anggarkan Dana Pelatihan

id PKK

TP-PKK Dharmasraya Arahkan Nagari Anggarkan Dana Pelatihan

ketua pkk bersalaman dengan kader pkk ()

Pulau Punjung, (Antara Sumbar) - Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat mengarahkan pemerintah nagari agar dapat mengalokasikan anggaran dana desa untuk kegiatan pelatihan kader dan masyarakat.

"Kualitas sumber daya manusia di nagari (desa adat) harus dipersiapkan sehingga mereka memiliki keahlian dan keterampilan yang dapat dikembangkan," kata Ketua TP-PKK Dharmasraya Dewi Sutan Riska, di Pulau Punjung, Minggu.

Menurut dia, melalui pelatihan para kader akan mendapatkan pengetahuan tentang membatik, tata boga, menjahit dan keterampilan lainnya yang dapat dikerjakan oleh ibu-ibu dirumahnya masing masing.

Sehingga dengan adanya pelatihan para ibu-ibu rumah tangga akan memiliki keterampilan yang bisa dikembangkan dan kemudian berdampak terhadap perekonomian masyarakat, lanjutnya.

"Tujuannya dapat meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan keluarga. Untuk itu saya minta pemerintah kecamatan dapat mengawal agar anggaran untuk pelatihan dapat diprioritaskan," ujarnya.

Ia berharap, ketua TP-PKK kecamatan agar lebih berperan aktif dan kooperatif dalam memberikan pembinaan kepada kader dan masyarakat di tingkat nagari.

Sehingga, katanya melanjutkan, kedepannya peran serta PKK dalam menyukseskan program pemerintah Kabupaten Dharmasraya lebih terwujud.

"Kami berharap para kader dapat bekerja lebih semangat dan penuh keikhlasan. Sehingga gerakan PKK berdampak untuk kepentingan masyarakat luas," ungkapnya.

Sebab, kata dia, peran PKK sangat besar dalam membantu dan menjadi mitra pemerintah setempat dalam melaksanakan pembangunan kesehatan, peningkatan ekonomi sebagai upaya pengentasan kemiskinan.

"Para kader PKK juga telah bekerja mengabdikan dirinya sebagai relawan yang bekerja tanpa pamrih," tambahnya. (*)