Pemkot Perbaiki 114 Lampu Kawasan Siti Nurbaya

id Pemkot

Padang, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar) melakukan perbaikan 114 titik lampu penerangan jalan di Jembatan Siti Nurbaya dalam rangka memaksimalkan penerangan pada malam hari di kawasan tersebut.

"Perbaikan sudah mulai dilakukan sejak Rabu (16/11) dan ditargetkan selesai Jumat," kata Kepala Sub Bagian Tata Usaha Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Penerangan Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Padang, Hindra Swanto di Padang, Jumat.

Ia mengatakaan perbaikan 114 lampu di kawasan Jembatan Siti Nurbaya tersebut dilakukan sebab lampu-lampu yang ada saat ini ada yang dalam keadaan rusak, pecah, mati atau menghitam sehingga perlu diperbaharui secara keseluruhan.

"Kerusakan tersebut disebabkan berbagai penyebab, baik itu keadaan alam maupun ketahanan lampu itu," ujarnya.

Selain itu, ia menyampaikan dengan adanya perbaikan keseluruhan lampu tersebut, hendaknya masyarakat di kawasan itu ke depannya tidak mempreteli kabel yang ada di tiang-tiang lampu penerangan itu.

Ia berharap hendaknya tidak ada masyarakat atau oknum tertentu mengganggu kabel-kabel tersebut karena dapat menyebabkan kerusakan sehingga perbaikan yang dilakukan dinas terkait sia-sia.

Kemudian, ujarnya, ke depan jika ada lampu penerangan yang bermasalah, hendaknya masyarakat segera melaporkan kepada petugas dan membiarkan petugas terkait yang melakukan perbaikan.

Sementara Ketua Komisi III DPRD Kota Padang Helmi moesim meminta Dinas PU melalui UPTD terkait dapat terus melakukan pengawasan terhadap lampu-lampu penerangan di daerah itu.

Sehingga, katanya, tidak ada lagi lampu-lampu penerangan jalan di sepanjang jalan Kota Padang yang tidak berfungsi semestinya, khususnya di kawasan-kawasan wisata.

Apalagi, ujarnya, penerangan jalan itu merupakan salah satu hak masyarakat untuk dilayani dengan baik.

Ia menambahkan perbaikan yang dilakukan pihak terkait, hendaknya juga didukung dengan sikap masyarakat yang tidak mempreteli kabel-kabel lampu yang ada di sepanjang jalan sebab bukan merupakan wewenang mereka.

"Saya harap masyarakat dapat bersama-sama menjaga sarana prasarana yang ada, termasuk lampu penerangan jalan. Jika ada yang rusak segera laporkan pada pihak terkait," katanya. (*)