IAIN Padang-BNI Syariah Kerja Sama Kembangkan Ekonomi Syariah

id IAIN padang

Padang, (Antara Sumbar) - Institut Agama Islam Negeri Imam Bonjol Padang, Sumatera Barat, menandatangani nota kesepahaman dengan Bank BNI Syariah Cabang Padang dalam rangka pengembangan ekonomi syariah.

"Dari MoU ini nanti diharapkan adanya sinergitas antara Bank BNI Syariah dengan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (Febi) dalam rangka pengembangan ekonomi syariah," kata Wakil Rektor I IAIN Imam Bonjol, Ikhwan Matondang di Padang, Kamis.

Menurutnya selama ini perkembangan ekonomi syariah tidak terlalu menggembirakan, jadi dengan adanya banyak kerja sama dan saling bersinergi antara lembaga terkait bisa menguatkan keuangan syariah di Sumbar.

Ia menambahkan kerja sama ini sama dengan kerja sama yang sebelumnya telah dilakukan dengan dengan beberapa bank seperti Bank Nagari dan Bank Syariah Mandiri.

Dekan Febi Ahmad Wira menambahkan tujuan MoU ini adalah untuk meningkatkan kualitas akademik, selanjutnya untuk pengembangan keuangan syariah dan untuk mempercepat pertumbuhan perbankan syariah.

Selanjutnya ia menyambut baik atas kemauan BNI Syariah untuk membuka diri guna bekerjasama dengan IAIN dan Fakultas Ekonomi khususnya.

"Kedepannya kita berharap dengan adanya MoU ini maka edukasi dan pengabdian bisa membantu percepatan pengembangan ekonomi syariah," tambahnya.

Sementara itu Pimpinan BNI Syariah Cabang Padang Imam Samekto mengatakan ruang lingkup MoU ini adalah menyangkut management dan transaksi keuangan dan juga aplikasi dari Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Selain itu MoU ini juga bertujuan untuk pengembangan kompetensi lulusan dari Febi itu sendiri, jadi pihaknya juga membantu meningkatkan kompetensi mahasiswa sesuai dengan kebutuhan.

"Kita selaku praktisi juga membantu meningkatkan kompetensi dari mahasiswa dan lulusan IAIN ini sesuai dengan kebutuhan industri yang ada saat ini," katanya. (*)