Ribuan TNI/Polri dan Warga Padang Gelar Doa Bersama

id Istighasah

Ribuan TNI/Polri dan Warga Padang Gelar Doa Bersama

Jamaah dari TNI-Polri mengikuti Istighasah di Masjid Nurul Iman, Padang, Sumatera Barat, Jumat (2/12). Sekitar seribuan anggota TNI-Polri bersama Aparatur Sipil Negara (ASN) mengikuti Istighasah, Tabligh Akbar, Zikir dan Doa Bersama dalam rangka memperkokoh Ukhuwah Islamiyah untuk menjaga keutuhan NKRI. (ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra)

Padang, (Antara Sumbar) - Ribuan anggota kepolisian, Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan masyarakat Kota Padang, Sumatera Barat menggelar dzikir serta doa bersama di Masjid Agung Nurul Iman pada Jumat pagi dalam rangka memperkokoh NKRI.

"Kegiatan ini serentak dilakukan di seluruh wilayah Indonesia tujuannya agar setiap masyarakat terus menjaga persatuan dan kesatuan bangsa," kata Kapolda Sumbar, Brigjen Pol Basarudin di Padang, Jumat.

Ia mengatakan kegiatan itu juga untuk mengajak masyarakat mendoakan saudara-saudara dari Sumbar yang berangkat ke Jakarta guna melakukan kegiatan yang sama.

"Semoga seluruh saudara kita lancar mengikuti seluruh rangkaian acara dan bisa pulang dengan selamat," katanya.

Ia mengungkapkan untuk wilayah Sumbar sendiri hingga saat ini masih kondusif dan tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Namun pihaknya tetap meningkatkan pengawasan terhadap kemungkinan terburuk.

"Kondisi kondusif ini hendaknya selalu dijaga dengan baik dan mari kita doakan agar kita selalu menjaga persatuan bangsa," katanya.

Menurutnya kegiatan ini sendiri dihadiri oleh puluhan ribu orang mulai dari jamaah pengajian rutin di masjid ini setiap Jumat dengan jumlah lima ribu orang. Ditambah dari unsur anggota TNI dan Polri sekitar dua ribu orang dan masayarakat lain.

"Paling sedikit yang mengikuti kegiatan ini adalah sepuluh ribu orang," ujar Basarudin.

Sementara Ketua MUI Kota Padang Duski Samad mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk mempererat rasa persaudaraan diantara umat muslim serta memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa.

Menurutnya saat ini banyak persoalan yang mulai mengganggu rasa persatuan yang ada. Hendaknya seluruh masrakat bersatu dalam mempertahankan keutuhan bangsa ini.

"Mari kita bangun bersama- sama dan melakukan sinergi yang kuat untuk bertahan dan membangun bangsa ini agar terlepas dari segala persoalan pelik," tuturnya.

Kegiatan ini bertema "Istighasah, Tablih Akbar, Dzikir dan Doa Bersama Dalam Rangka Memperkokoh Ukhuwuah Islamiyah Untuk Menjaga Keutuhan NKRI".

Kegiatan ini dihadiri oleh Danrem 032 Wirabraja, Kapolda Sumbar, Kakanwil Kemenag Sumbar, Dandim 0312, Kapolresta Padang, Wali Kota Padang, Wakil Wali Kota Padang, Tokoh masyarat, Tokoh Adat dan Tokoh Agama. (*)