Bukittinggi Gelar Sepeda Wisata Sambut HJK

id sepeda wisata

Bukittinggi, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kota Bukittinggi, Sumatera Barat (Sumbar), menggelar kegiatan Sepeda Wisata sebagai salah satu acara menyambut peringatan ke-232 Hari Jadi Kota (HJK).

Wakil Wali Kota setempat, Irwandi saat melepas para peserta Sepeda Wisata di Bukittinggi, Minggu, mengatakan mengapresiasi antusiasme peserta mengikuti kegiatan itu meski dalam guyuran hujan.

"Semangat peserta seperti dalam berolahraga sepeda ini kami harapkan dapat terus ditanamkan dalam melakukan aktivitas positif lain untuk menyambut dan menciptakan Bukittinggi yang lebih baik," katanya.

Ia berpesan para peserta mengikuti lomba itu dengan tertib dan tetap menjaga kebersihan kota.

Ketua Panitia Pelaksana Sepeda Wisata, Asmara menambahkan kegiatan Sepeda Wisata merupakan kegiatan bersepeda secara santai dan tidak ada adu cepat seperti dalam lomba Tour de Singkarak.

"Kami mencatat ada 1.921 orang peserta yang sudah mendaftar. Namun mungkin karena cuaca hujan, tidak semua yang datang tepat waktu," ujarnya.

Ia menyebutkan peserta tersebut berasal dari wilayah Bukittinggi dan Kabupaten Agam serta undangan dari provinsi Riau dan Jambi.

"Mulai dari anak-anak hingga orang tua ikut kegiatan ini. Mereka berasal dari berbagai komunitas, pegawai BUMN dan BUMD, kepolisian serta TNI," lanjutnya.

Para peserta Sepeda Wisata akan menempuh rute sepanjang 15 kilometer dimulai dari Jalan Sudirman depan Lapangan Wirabraja menuju Gedung DPRD setempat, dilanjutkan ke wilayah Panorama, Pintu Kabun menuju Lapangan Pacu Kuda Bukit Ambacang, Jalan By Pass menuju Simpang Taluak dan berakhir kembali di Lapangan Wirabraja.

"Ada 'doorprize' yang sudah kami siapkan untuk para peserta. Meskipun hujan kami harap peserta dapat menikmati dan menyelesaikan balapan lalu sampai di lokasi 'finish' dengan selamat," katanya. (*)