BMKG: Sumbar Berpotensi Diguyur Hujan Hingga Malam

id hujan

BMKG: Sumbar Berpotensi Diguyur Hujan Hingga Malam

Ilustrasi, hujan. (Antara)

Padang, (Antara Sumbar) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Ketaping Padangpariaman, memprakirakan hujan berpotensi mengguyur beberapa daerah di Sumatera Barat hinggaSenin malam.


"Hujan yang terjadi di Sumbar curahnya bervariasi dari sedang hingga lebat, dan estimasinya diperkirakan hingga Senin malam," kata Kepala Seksi Observasi dan Informasi BMKG Ketaping Padangpariaman Budi Samiaji saat dikonfirmasi dari Padang, Senin.

Tingginya intensitas hujan di wilayah Sumbar beberapa waktu terakhir disebabkan adanya tekanan rendah di Samudera Hindia bagian barat Kepulauan Mentawai serta belokan massa udara di perairan Sumbar.

Ia menyampaikan potensi hujan yang disertai angin tersebut terjadi pada wilayah Kabupaten Agam, Kota Pariaman, dan sekitarnya.

Kemudian daerah lainnya yaitu Bukittinggi, Padang, Padang Panjang, Pesisir Selatan, Kepulauan Mentawai dan sekitarnya.

"Kondisi ini hampir merata pada seluruh wilayah Sumbar," tambahnya.

Selain itu pada Desember ini potensi hujan untuk daerah Sumbar cukup tinggi karena merupakan musim hujan atau basah.

"Tidak hanya hujan, namun juga disertai angin yang sifatnya insidentil atau tidak setiap waktu kencang. Secara umum kecepatannya 40 hingga 60 kilometer per jam di bagian pesisir pantai," katanya.

Ia mengimbau warga Sumbar agar berhati-hati terhadap wilayah yang rawan longsor seperti Jalan Lintas Sumatera Padang Panjang tepatnya di Silaiang Kariang, dan beberapa daerah lainnya.

Sementara Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Sumbar Nasridal Patria mengimbau masyarakat setempat untuk waspada terhadap dampak terburuk saat musim hujan.

"Ada 23 kecamatan di lima kabupaten dan kota Sumbar yang rawan banjir bandang dan longsor sehingga masyarakat perlu tetap waspada," sebutnya. (*)