Disdik Padang Tunggu Keputusan Moratorium UN

id ujian nasional

Disdik Padang Tunggu Keputusan Moratorium UN

(FOTO ANTARA SUMBAR/Arif Pribadi)

Padang, (Antara Sumbar) - Dinas Pendidikan Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar), menyatakan pihaknya menunggu keputusan dari pemerintah pusat terkait moratorium Ujian Nasional (UN).

"Apapun namanya nanti, hal itu tetap saja merupakan evaluasi pendidikan secara nasional, walaupun UN direncanakan akan di moratorium," kata Kepala Bidang Pendidikan Dasar Disdik Padang, Barlius di Padang, Senin.

Menurutnya, pihaknya sebagai pelaksana di tingkat kabupaten/kota telah siap dengan apapun keputusan dari pemerintah pusat terkait dengan moratorium UN itu.

"Jika memang UN akan dimoratorium Kota Padang siap untuk itu," ujarnya.

Meskipun begitu, pihaknya akan menunggu rambu-rambu ataupun aturan terkait dengan pelaksanaan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) pengganti UN.

Ia menambahkan nantinya pemerintah daerah dan sekolah juga akan diawasi standarnya oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP).

"Kami akan tunggu nanti sistemnya seperti apa," katanya.

Menurutnya, keputusan Kemendikbud untuk memoratoium UN, hal itu dikarenakan UN tidak menentukan kelulusan lagi, seperti adanya kebocoran-kebocoran soal, kecurangan dan lain sebagainya.

Sebelumnya, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengusulkan moratorium atau penangguhan UN pada 2017.

"Sudah tuntas kajiannya, dan kami rencana UN dimoratorium. Sudah diajukan ke presiden dan menunggu persetujuan presiden," katanya.

Ia mengatakan alasan moratorium UN adalah karena pada saat ini UN berfungsi untuk pemetaan dan tidak menentukan kelulusan peserta didik.

Kemendikbud ingin mengembalikan evaluasi pembelajaran siswa menjadi hak dan wewenang guru, baik secara pribadi maupun kolektif.

"Negara cukup mengawasi dan membuat regulasi supaya standar nasional benar-benar diterapkan di masing-masing sekolah," kata Muhadjir. (*)