BMKG Siapkan Layanan SMS Cuaca Ekstrem

id bmkg

BMKG Siapkan Layanan SMS Cuaca Ekstrem

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Padang, (Antara Sumbar) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Iklim Sicincin, Sumatera Barat, menyiapkan layanan pesan seluler pemberitahuan cuaca ekstrem sebagai antisipasi bagi pemangku kepentingan dalam mengambil kebijakan yang diperlukan.

"Layanan ini berupa pesan seluler yang dikirimkan pemantau cuaca ke server BMKG Pusat jika terjadi hujan dengan intensitas di atas 100 milimeter," kata Kepala Stasiun Iklim BMKG Sicincin Heron Tarigan di Padang, Senin.

Ia menyampaikan hal itu pada Sosialisasi Analisis dan Perkiraa Hujan Bulanan Sumbar 2016 yang dihadiri pemangku kepentingan terkait seperti Dinas Pertanian, Dinas Kesehatan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan lainnya.

Menurut dia, cara kerja layanan SMS tersebut ketika terjadi hujan ekstrem pada suatu wilayah maka pemantau cuaca langsung mengirim pesan ke server BMKG.

"Biasanya pemantau cuaca mengirim laporan setiap 10 hari, sekarang jika ada hujan ekstrem dapat segera dilaporkan," katanya.

Menurut dia, jika sudah ada informasi hujan kategori ekstrem pada suatu wilayah maka pemangku kepentingan terkait dapat segera diberitahu agar mengambil langkah antisipasi.

Misalnya, pada wilayah yang rawan banjir dan longsor dengan adanya pesan tersebut maka kepala daerah beserta jajaran terkait akan waspada dan siaga sehingga korban jiwa dapat diminimalkan.

Ia mengatakan, akan berkoordinasi dengan BMKG pusat agar layanan ini dapat segera direalisasikan di Sumbar.

"Saat ini ada sekitar 200 pemantau cuaca yang akan dilibatkan dan langsung mengirim informasi begitu cuaca ekstrem terjadi," ujarnya.

Sebelumnya, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Sumbar Nasridal Patria mengimbau masyarakat setempat untuk waspada terhadap dampak terburuk saat musim hujan.

"Ada 23 kecamatan di lima kabupaten dan kota Sumbar yang rawan banjir bandang dan longsor sehingga masyarakat perlu tetap waspada," kata dia. (*)