PGRI : Sumbar Perlu Peningkatan Kompetensi Guru

id guru

Padang, (Antara Sumbar) - Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Sumatera Barat (Sumbar) menyatakan pemerintah daerah setempat perlu meningkatkan kompetensi guru agar lebih profesional.

"Peningkatan kompetensi diantaranya dengan pemberian pelatihan-pelatihan kepada guru secara merata," kata Ketua PGRI Sumbar, Zainal Akil di Padang, Selasa.

Menurutnya, guru di Sumbar lebih dari 53 ribu, namun yang mendapatkan pelatihan baru sedikit, sehingga diperlukan pemerataan.

Ia menerangkan pemberian pelatihan diperuntukkan agar guru mampu bukan hanya sebagai pengajar, tetapi juga bisa mengubah karakter peserta didik ke arah yang lebih baik.

"Karena peran guru sangat menentukan, bagaimana anak ke depannya," tambahnya.

Selain itu, katanya sebaiknya pihak sekolah ketika melakukan pengiriman guru yang akan diberikan pelatihan, sebaiknya memberikan kesempatan kepada guru secara seimbang.

"Jangan yang diutus untuk pergi pelatihan hanya guru yang itu-itu saja, pertimbangkan juga yang lainnya," ujarnya.

Sebelumnya, Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud, Sumarna Surapranata mengatakan guru sebagai pendidik memiliki peran penting dalam menentukan keberhasilan peserta didik sehingga menjadi penentu dalam meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah.

Hal itu dijelaskan dalam Undang-Undang Republik Indonesia 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen yang mengamanatkan adanya pembinaan dan pengembangan profesi guru sebagai aktualisasi dari profesi pendidik.

"Untuk mewujudkan amanat undang-undang sebagaimana dimaksud, Kemdikbud menyelenggarakan peningkatan kompetensi guru, kepala sekolah dan pengawas sekolah melalui program guru, kepala sekolah, dan pengawas sekolah," jelas dia. (*)