Pemkot Selenggarakan Bimtek LPPD Tingkatkan Manajemen Kinerja

id Bimtek LPPD

Padang Panjang, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kota Padang Panjang, Sumatera Barat (Sumbar), menyelenggarakan Bimbingan Teknis penyusunan Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD) untuk meningkatkan manajemen kinerja bagi Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) setempat.

"Kegiatan ini bisa meningkatkan kinerja dalam bentuk pelaporan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan yang transparan serta akuntabel," kata Wali Kota Padang Panjang, Hendri Arnis melalui Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Soni Budaya Putra di Padang Panjang, Rabu.

Ia mengatakan semangat reformasi birokrasi pada prinsipnya dimaknai sebagai penataan ulang terhadap sistem tata kelola pemerintah yang menerapkan prinsipprinsip transparansi dan akuntabilitas yang merupakan bagian dari 'Good Governence'.

Menurut dia, Tata kelola pemerintah yang lebih akuntabel dan transparan akan dapat dicapai jika seluruh jajaran pimpinan instansi pemerintah daerah menyelenggarakan kegiatan pengendalian atas keseluruhan kegiatan.

"Mulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, sampai dengan pertanggung jawaban dan pelaporan secara tertib, terkendali, efektif dan efesien," tambahnya.

Laporan penyelenggaraan pemerintah daearah (LPPD) katanya, merupakan hasil pengolahan data yang penting terhadap indikator kinerja kunci (IKK) dan capaian kinerja pada tataran pengambil kebijakan dan pelaksana kebijakan.

Dimana, imbuhnya capaian kinerja adalah sebagai pembanding antara realisasi capaian kinerja dengan rencana kinerja yanga ada, sehingga pelaksanaan visi misi pemerintahan daerah dapat berjalan sebagaimana yang telah ditetapkan dalam rencana pembangunan jangka menengah Daerah (RPJMD) Padang Panjang.

Saya sangat berharap kepada kepala SKPD untuk dapat mendukung dan membantu pencapaian tujuan penyelenggaraan pemerintah daerah, dan tentunya tidak terlepas dari bagaimana mengelola tata pemerintahan yang baik. Bimtek ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan aparatur SKPD dalam penyusunan laporan penyelenggaraan pemerintah, pungkasnya.

Anggota DPRD Padang Panjang, Hendra Saputra mengatakan Bimtek yang dilaksanakan itu hendaknya bisa memberikan dampak positif bagi pelaksanaan pemerintaahan di daerah itu.

"Para kepala SKPD hendanya bisa mengimplementasikan ilmu yang didapat dalam Bimtek itu, sehingga terlaksana pemerintahan yang baik dan terarah," ujarnya. (*)