Arus Transportasi Talu-Simpang Empat Pascalongsor Kembali Lancar

id Transportasi Talu - Simpang Empat

Simpang Empat, (Antara Sumbar)- Jalur transportasi Talu - Simpang Empat Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) kembali normal, Rabu (7/12) sore.

"Setelah dibersihkan tim gabungan BPBD, Kepolisian, Polsek Talamau, Koramil dan dibantu masyarakat maka material longsor berhasil dibersihkan," kata Kepala Satuan Kepolisian Resor (Polres) Pasaman Barat, AKP Muzhendra di Simpang Empat, Rabu (7/12) sore.

Ia mengatakan arus transportasi terputus sejak terjadinya longsor pukul 08.30 WIB dan baru bisa dilewati kendaraan sekitar pukul 17.30 WIB.

"Sekitar sembilan jam jalan terputus dari dua Kabupaten Pasaman menuju Pasaman Barat tepatnya di Pasanggiangan Talu Kecamatan Talamau," sebutnya.

Ia menjelaskan sebelumnya antrian kendaraan terjadi dari kedua arah Talu dan Simpang Empat karena tidak bisa menempuh jalan itu.

Menurutnya longsor itu terjadi akibat tingginya curah hujan dalam tiga hari terakhir. Akibatnya badan jalan tidak bisa dilalui karena ditutupi material longsor serta pohon kayu ikut menutupi ja,lan.

Material longsor sepanjang 30 meter dengan ketinggian 4,5 meter yang menutupi badan jalan sehingga jalur transportasi terputus.

Kecamatan Talamau merupakan salah satu kecamatan di Pasaman Barat yang rawan bencana longsor karena daerahnya terdiri dari perbukitan.

"Kepada warga Talamau diharapkan meningkatkan kewaspadaan terkait curah hujan yang tinggi. Bagi warga yang berdomisili ditepi perbukitan disarankan sementara mengungsi ketempat yang lebih aman," katanya. (*)