Bantu Korban gempa, Kapolri: 400 Brimob Dikirimkan ke Aceh

id GEMPA PIDIE

Bantu Korban gempa, Kapolri: 400 Brimob Dikirimkan ke Aceh

Petugas gabungan mengevakuasi korban dari bangunan yang runtuh akibat gempa 6.5 SR, di Desa Lueng Putu, perbatasan Pidie-Pidie Jaya, Aceh, Rabu (7/12/2016). Kabupaten Pidie Jaya dan sekitarnya diguncang gempa 6.5 SR yang berpusat pada 5.19 LU-96.36 BT, 18 kilometer timur laut Kabupaten Pidie Jaya atau 121 km tenggara Kota Banda Aceh pada kedalaman 10 km. Berdasarkan data sementara Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pidie Jaya sebanyak 25 korban tewas dan ratusan luka-luka akibat gempa. (ANTARA FOTO/Irwansyah Putra)

Batam, (Antara Sumbar) - Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengirim sekitar 400 anggota Brimob untuk membantu evakuasi dan rekonstruksi korban gempa bumi pada Rabu pagi di Wilayah Aceh.

"Pagi tadi sekitar pukul 09.00 WIB sudah diberangkatkan. Siang ini sampai dan akan langsung bertugas," kata Kapolri di Terminal Pelabuhan Provinsi Kepri, Punggur, Batam.

Selain itu, kata dia, dari Polda Aceh dan bantuan dari Polda Sumatra Utara juga sudah terlebih dahulu tiba di lokasi bencana untuk membantu evakuasi para korban.

"Polda Aceh dan Sumatera Utara sudah langsung menuju lokasi usai kejadian. Mereka sudah terlebih dahulu membantu evakuasi dan pengamanan," kata dia.

Polri, kata dia, juga sudah mengirimkan dua truk bahan makanan dilanjutkan dengan selimut yang akan didistribusikan pagi korban bencana pada berbagai titik di Aceh.

Selain itu, kata dia, Polri juga sudah menyiapkan posko untuk memberikan bantuan pada lokasi bencana tersebut.

"Hari ini juga saya langsung menuju Aceh untuk melihat secara langsung kondisi disana sehingga bisa mengambil tindakan sesuai kebutuhan disana," kata Tito.

Polri, kata dia, akan memberikan bantuan semaksimal mungkin agar masyarakat yang menjadi korban gempa bumi di Aceh bisa mendapat bantuan dengan baik.

Kapolri sejak Rabu sore melakukan kunjungan kerja di Provinsi Kepri guna meninjau langsung lokasi kecelakaan pesawat Polri M-28 Sky Truck yang jatuh dan meledak di perairan Kabupaten Lingga pada Sabtu (3/12).

Selain itu, Kapolri juga akan meninjau Rumah Sakit Bhayangkara Polda Kepri yang menjadi lokasi iddentifikasi korban meninggal musibah tersebut. (*)