Mensos : Korban Meninggal Gempa Aceh Dapat Santunan

id Khofifah Indar Parawansa

Mensos : Korban Meninggal Gempa Aceh Dapat Santunan

Mensos Khofifah Indar Parawansa.

Sorong, (Antara Sumbar) - Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mengatakan bahwa korban meninggal dunia gempa bumi Aceh Rabu (7/12), mendapat santunan kematian dari Kementerian Sosial.

Santunan yang diberikan Kemensos sebesar Rp15 juta untuk satu korban jiwa kepada keluarga yang ditinggalkan," kata Mensos Khofifah Indar Parawansa saat kunjungan kerja di Sorong, Kamis.

Dia mengatakan, berdasarkan data tim Kemensos di Aceh bahwa hingga Kamis (8/12), pukul 10.00 WIB korban gempa yang teridentifikasi meninggal dunia sebanyak 67 jiwa.

Menurut dia, tim bencana alam Kemensos berjumlah sekitar 80 orang sudah berada Aceh guna membantu korban gempa di tempat pengungsian.

Hingga siang ini, kata dia, tim yang diturunkan ke Aceh telah membuat dapur umum di tujuh titik guna melayani korban gempah. Tim juga menyediakan empat mobil dapur umum keliling melayani masyarakat.

"Besok pagi Sabtu (9/12) pesawat pertama saya terbang ke Aceh guna mengunjungi korban gempa. Saya akan mengunjungi Kabupaten Pidie Jaya, Pidie, dan Bireuen," ujarnya.

Mensos mengungkapkan bahwa kehadirannya di Aceh untuk menyampaikan ucapan belasungkawa sebagai pemerintah dan menyerahkan bantuan santunan kematian kepada ahli waris korban meninggal dunia.

"Bantuan tersebut bukan konversi tapi sebagai bentuk perhatian bahwa pemerintah hadir dan merasakan duka cinta dengan masyarakat korban gempa," tambah dia. (*)