Sumbar Bantu Rendang Bagi Korban Gempa Aceh

id GEMPA PIDIE

Sumbar Bantu Rendang Bagi Korban Gempa Aceh

Petugas SAR berusaha mengevakuasi korban dari bangunan yang runtuh akibat gempa 6.5 SR, di Desa Lueng Putu, perbatasan Pidie-Pidie Jaya, Aceh, Rabu (7/12). Kabupaten Pidie Jaya dan sekitarnya diguncang gempa 6.5 SR yang berpusat pada 5.19 LU-96.36 BT, 18 kilometer timur laut Kabupaten Pidie Jaya atau 121 km tenggara Kota Banda Aceh pada kedalaman 10 km. Berdasarkan data sementara Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pidie Jaya sebanyak 25 korban tewas dan ratusan luka-luka akibat gempa. (ANTARA FOTO/Irwansyah Putra/kye/16.)

Padang, (Antara Sumbar) - Sumatera Barat (Sumbar) siap membantu masyarakat Kabupaten Pidie Jaya, Aceh yang diguncang gempa tektonik Rabu (7/12) sekitar pukul 05.03 WIB, selain mengirim personel Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) juga rendang, yang bisa dijadikan lauk pauk bagi korban bencana itu.

"Personel sedang disiapkan. Sementara untuk masakan randang segera dikirim," kata Gubernur Sumbar Irwan Prayitno di Padang, Kamis.

Rendang merupakan makanan khas Sumbar elatif tahan lama sehingga warga Aceh yang sedang kesulitan bisa menyimpan untuk makan sehari-hari.

Kepala BPBD Sumbar Nasridal Patria didampingi Sekretaris Eliyusman menambahkan bantuan yang dikirimkan untuk korban gempa Aceh baik logistik maupun personel dan peralatan itu sebagai bentuk kepedulian terhadap provinsi tetangga yang sedang terkena musibah.

"Kita siap setiap saat untuk kirimkan personel atau logistik. Namun agar bantuan efektif, perlu dikoordinasikan dengan BPBD Aceh," katanya.

Ia mengatakan komunikasi telah dilakukan dengan Kepala BPBD Aceh Said Rosul terkait kebutuhan daerah terimbas gempa di Aceh.

Disebutkan banyaknya korban membutuhkan tenaga kesehatan dan obat-obatan.

"Berdasarkan rapat terakhir dengan Sekretaris Daerah Provinsi Sumbar, sepuluh tenaga kesehatan siap dikirimkan ke Aceh," ujarnya.

Sementara untuk logistik menurutnya Gubernur Irwan Prayitno telah menginstruksikan agar semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Sumbar untuk ikut berpartisipasi memberikan bantuan, masing-masing dua kilogram rendang.

"Besok (Jumat) segera kita kirimkan," katanya.

Terkait personel yang akan dikirimkan ke Aceh, menurutnya kesiapan personel BPBD Sumbar selalu terjaga sepanjang waktu dan bisa melaksanakan tugas kapanpun dibutuhkan.

"Sumbar daerah rawan bencana, karena itu sejak awal seluruh personel BPBD telah terbiasa untuk siaga," sebutnya.

Kabupaten Pidie Jaya, Aceh, diguncang gempa tektonik sekitar pukul 05.03 WIB dengan kekuatan 6,5 SR. (*)