Senin, 27 Februari 2017 - 31 Jumadil Awwal 1438 H

Bupati Pasaman Lantik 10 Wali Nagari Terpilih

Bupati Yusuf Lubis saat melantik 10 wali nagari terpilih dalam pilwana serentak di Lubuk Sikaping, Selasa. (ANTARA SUMBAR/Riko Saputra)
Lubuk Sikaping, (Antara Sumbar) - Bupati Pasaman, Sumatera Barat, Yusuf Lubis melantik 10 wali nagari (desa adat) periode 2016-2022 yang terpilih dalam pemilihan wali nagari (Pilwana) serentak yang digelar 21 November 2016, Selasa.

"Hari ini merupakan hari yang kita tunggu, pelantikan wali nagari. Kita semua bekerja untuk mengayomi masyarakat. Tugas kedepannya sangat banyak," ujarnya saat pelantikan di Lubuk Sikaping, Selasa.

Menurutnya, para wali nagari yang baru dilantik ini harus langsung bekerja.

"Hari ini langsung diadakan rapat koordinasi dan pemantapan tugas pokok dan fungsi dengan camat," katanya.

Ia mengatakan tugas seorang wali nagari itu hanya tiga yakni mewujudkan masyarakat yang sejahtera, agamis dan berbudaya.

"Para wali nagari harus menghindari terjadinya konflik kepentingan. Jangan ada lagi eforia, langsung bekerja," katanya.

Ia juga mengimbau kepada wali nagari untuk mengelola anggaran nagari secara akuntabel, transparan dan tepat guna.

"Jadi harus hati-hati. Jangan pernah ada penyelewengan karena dapat berurusan dengan pihak berwajib. Hak bapak semua sudah ada," ujarnya.

Bupati juga berharap agar wali nagari untuk menggelorakan kembali semangat olahraga di wilayah masing-masing untuk melahirkan atlet-atlet berbakat.

"Begitu juga dengan kesenian tradisional dan perayaan keagamaan. Jika ada masyarakat yang butuh dana untuk membeli peralatan rebana mohon dianggarkan," ujarnya. (*)


Editor : Joko Nugroho

COPYRIGHT © ANTARASUMBAR 2017

Perspektif
Oleh : Yon Machmudi, Ph.D
Padang, (Antara Sumbar) -Apabila tidak ada perubahan maka pada 1-9 Maret 2017 Raja Arab Saudi, Salman bin Abdul Aziz, akan ...
Baca Juga