Selasa, 22 Agustus 2017 - 30 Zulqaidah 1438 H

Kapolres Pasaman: Jaga Keselamatan dan Keamanan Selama Liburan

Lubuk Sikaping, (Antara Sumbar) - Kepolisian Resor Pasaman, Sumatera Barat, mengimbau kepada masyarakat di daerah itu untuk selalu menjaga keselamatan dan keamanan dalam menghadapai libur sekolah dan tahun baru 2017.

Kapolres Pasaman AKBP Reko Indro Sasongko di Lubuk Sikaping, Rabu, mengimbau untuk selalu mewaspadai terjadinya tindakan kriminalitas di masa liburan ini.

"Apabila bepergian jangan memakai perhiasan yang mencolok yang mengundang pelaku kejahatan untuk melancarkan aksinya seperti pencopetan," ujarnya.

Selain itu, katanya, jika meninggalkan rumah jangan lupa untuk mengunci pintu dan jendela dengan baik dan mematikan listrik untuk menghindari terjadinya kebakaran.

"Kalau bisa akan lebih baik diberitahu kepada tetangga yang tidak sedang bepergian jika ingin bepergian," katanya.

Menurutnya, dalam persiapan menyambut tahun baru 2017 ini pihaknya akan melakukan koordinasi dengan pemerintah daerah dan unsur terkait lainnya untuk melakukan pengamanan.

"Kegiatan tersebut seperti mengoptimalkan keamanan dan ketertiban masyarakat di nagari-nagari guna menghindari terjadinya pencurian, aksi premanisme, penyalahgunaan narkoba dan kejahatan lainnya," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Satuan Lalulintas Polres Pasaman Iptu Fion Joni Hayes mengimbau agar selalu berhati-hati dan mematuhi peraturan berlalu lintas karena selama liburan ini aktifitas masyarakat meningkat.

"Selama liburan sekolah dan menjelang tahun baru ini aktifitas masyarakat meningkat dan arus lalulintas bertambah," katanya.

Ia mengharapkan kepada pengendara untuk selalu mennjaga dan memperhatikan kondisi fisiknya.

"Apabila dalam perjalanan pengendara lelah dan mengantuk agar beriatirahat terlebih dahulu baru melanjutkan perjalanan," katanya.

Jika dipaksakan, katanya, dapat mengakibatkan membahayakan dan mengakibatkan terjadinya kecelakaan lalulintas yang fatal.

"Kondisi kendaraan juga harus selalu diperiksa. Ini untuk keselamatan kita semua," katanya. (*)


Editor : Joko Nugroho

COPYRIGHT © ANTARASUMBAR 2017

Perspektif
Oleh : Desca Lidya Natalia
     "Jadi Pak ni kalau mau jujur Pak, Saya sampek bilang 'Pak boleh gak sih saya ngomong? KPK itu independen apa ...
Baca Juga