BNNP: Awasi Anak pada Malam Pergantian Tahun

id narkoba

BNNP: Awasi Anak pada Malam Pergantian Tahun

Penyuluhan bahaya narkoba. (ANTARA FOTO)

Painan, (Antara Sumbar) - Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sumatera Barat mengimbau agar orang tua mengawasi anaknya pada malam pergantian tahun.

"Remaja rentan terhadap penyalahgunaan narkoba. Salah satu faktor yang mendukung keadaan tersebut karena lepasnya pengawasan orang tua," Kepala Bidang Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat BNNP Sumbar, Raymond dihubungi di Painan, Jumat.

Menurutnya agar anak-anak betah dalam pengawasan, orang tua diminta membentuk kegiatan menarik seperti mengadakan pengajian, bakar ikan dan lain sebagainya.

"Tentu saja hal itu bermanfaat ketimbang mereka berkeliaran tanpa tujuan dari sore hari hingga menjelang pagi pada malam pergantian tahun dan tentu keadaan tersebut berisiko terhadap pergaulan mereka," katanya.

Ia menyebutkan guna meminimalisasi penyalahgunaan narkoba, pada malam pergantian tahun pihaknya akan menggelar razia pada titik-titik diduga maraknya penyalahgunaan zat tersebut.

"Kami akan membentuk tim, namun titik tempat razia yang akan digelar masih menunggu perintah pimpinan," tuturnya.

Pada bagian lain, Ketua Forum Silaturahmi Rang Batang Kapeh (FSRBK) Pesisir Selatan Ramadhan Hamzah berencana menggelar kegiatan keagamaan pada malam pergantian tahun dengan harapan kegiatan tersebut bernilai positif bagi anggotanya dan juga masyarakat luas.

Ia menyebutkan kegiatan yang akan digelar sebagai upaya merubah kebiasaan anak muda pada malam pergantian tahun.

"Biasanya tahun baru disambut dengan bunyi-bunyian terompet serta meledakkan kembang api, tahun ini FSRBK mencoba menggiring generasi muda berdzikir, berdoa dan bershalawat di dalam masjid," sebutnya.

Acara tersebut menurutnya dimulai pukul 21.00 WIB pada 31 Desember 2016 dan berakhir pukul 00.30 WIB pada 1 Januari 2017. Seterusnya peserta melaksanakan iktikaf, sekitar pukul 03.15 WIB dilanjutkan dengan Salat Tahajjud berjamaah setelah itu kembali bershalawat sampai masuknya waktu Salat Subuh.

Agar bertambah semarak pihaknya juga telah melayangkan undangan ke wakil bupati pesisir selatan Rusma Yul Anwar dan berkenan beliau menghadiri kegiatan tersebut. (*)