Pemkot Antisipasi Keramaian Pergantian Tahun Sekitar Pantai Padang

id Medi Iswandi

Pemkot Antisipasi Keramaian Pergantian Tahun Sekitar Pantai Padang

Kepala Disbudpar Kota Padang, Medi Iswandi. (Antara)

Padang, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kota (Pemkot) Padang, Sumatera Barat, akan mengantisipasi keramaian pada malam pergantian tahun dari 2016 ke 2017 yang diprediksi terjadi pada kawasan objek wisata pantai seperti Pantai Muaro, Cimpago dan Muaro Lasak.

"Antisipasi yang dilakukan dalam hal keamanan lewat kepolisian dan TNI, kemacetan, serta pengawasan langsung pada waktu penting pergantian tahun tersebut," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Padang, Medi Iswandi di Padang, Sabtu.

Khusus keamanan, sebutnya pihak Polresta Padang melalui Operasi Lilin 2016 telah bersiap siaga pada titik tertentu.

Salah satu targetnya yakni menjamin keamanan dari tindakan kriminal yang terjadi saat keramaian seperti perampokan, atau pemalakan termasuk tukang parkir liar.

"Terkait antisipasi kemacetan, kami bersama kepolisian telah merancang pengalihan jalan agar tidak terjadi penumpukan kendaraan," kata dia.

Pengalihan jalan ini akan terjadi pada beberapa titik jalan seperti Jalan Samudera sebagai pusat keramaian, Jalan Veteran, Ulak Karang, Damar, Pemuda, Batang Arau dan sebagainya.

Kemudian terkait parkir, selain melalui pihak kepolisian, pihaknya juga bersama Polisi Pamong Praja akan menyisir kawasan pantai memastikan tidak adanya parkir liar.

"Dampak keramaian terjadi pada kebersihan dan ini telah diantisipasi," tambahnya.

Khusus penanganan sampah tersebut, kata Medi pihaknya akan dibantu relawan dari beberapa organisasi masyarakat, relawan dari Padang Barat serta Dinas Lingkungan Hidup.

Dalam hal ini pihaknya akan mulai melaksanakan pemungutan dan pembersihan sampah di sekitar pantai pada Subuh usai perayaan pergantian tahun.

"Hal ini penting dilakukan mengingat masih panjangnya liburan akhir dan awal tahun ini," tambahnya.

Meskipun begitu dia meminta kepada warga atau wisatawan yang mengunjungi pantai Padang dan merayakan tahun baru dapat menjaga kebersihan. (*)