Sastrawan : Puisi Bukan Hanya Milik Penyair

id Sastrawan, puisi

Sastrawan : Puisi Bukan Hanya Milik Penyair

Penampilan membaca puisi. (Antara)

Sarilamak, (Antara Sumbar) - Penyair Sumatera Barat (Sumbar) Iyut Fitra mengatakan puisi bukan hanya diperuntukkan bagi kalangan penyair, akan tetapi juga bagi seluruh masyarakat umum.

"Puisi itu sebenarnya bukan hanya bagi para penyair atau mereka yang dekat dengan dunia sastra, akan tetapi puisi juga diperuntukkan bagi masyarakat umum," katanya di Harau, Sabtu.

Menurutnya saat ini fikiran-fikiran yang menganggap bahwa puisi hanya bagi kalangan tertentu harus diangsur untuk menghilangkan, karena sejatinya tidak begitu.

Ia menambahkan salah satu cara untuk menghilangkan fikiran itu adalah dengan mengadakan pentas puisi di tengah-tengah masyarakat agar mereka juga juga bisa menikmati puisi tersebut.

"Saat ini kita mencoba mengadakan pentas puisi di tengah-tengah masyarakat, yaitu dengan mengadakan acara silaturahmi penyair Sumbar-Riau di Lembah Harau ini," katanya.

Selanjutnya diharapkan masyarakat luas bisa kenal dengan puisi, karena puisi menyampaikan pesan-pesan langsung dengan rasa, bukan hanya kata-kata.

Selain itu ia mengatakan memang ada beberapa puisi yang sulit dipahami ketika orang-orang membacanya, akan tetapi ketika puisi itu disampaikan melalui pembacaan, musikalisasi dan juga dramatisasi diharapkan masyarakat bisa menangkap pesan dari puisi tersebut.

Sementara itu penyair Sumbar lainnya, Syarifudin Arifin mengatakan kawan-kawan penyair Sumbar sudah melakukan sebuah langkah yang baik utuk memperkenalkan puisi dengan mengadakan acara di tengah-tengah masyarakat.

Ia menambahkan selanjutnya diharapkan ketika puisi telah memasyarakat dan sudah dimiliki oleh orang banyak, maka ketika itulah seorang penyair bisa memperlihatkan eksistensinya.

"Sekali pun setiap hari masyarakat biasa berkata dengan kiasan, akan tetapi kita juga harus memperkenalkan masyarakat dengan puisi," katanya. (*)