Pasaman Barat Bangun Stadion Bertaraf Internasional

id Stadion

Pasaman Barat Bangun Stadion Bertaraf Internasional

Bupati Pasbar, Syahiran didampingi Sekda Manus Handri meninjau stadion olahraga yang baru dibangun. Stadion itu direncanakan disiapkan stadion bertaraf internasional yang bernama stadion Tuah Basamo. (ANTARA SUMBAR/Altas Maulana)

Simpang Empat, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat, siap membangun stadion berstandar internasional guna meningkatkan prestasi olahraga di daerah itu.

"Kita sudah mengawali pembangunannya di Komplek Pertanian Padang Tujuh. Lapangan sepak bola dan lintasan atletiknya sudah siap. Enam bulan lagi lapangannya sudah bisa digunakan," kata Bupati Pasaman Barat Syahiran saat meninjau stadion olahraga tersebut, Selasa.

Menurutnya, untuk membangun stadion itu saat ini pihaknya sudah menghabiskan dana sekitar Rp7 miliar. Stadion itu nantinya akan disiapkan untuk ajang Pekan Olah Raga Provinsi Sumbar (Porprov) maupun kegiatan olahraga lainnya.

Ia mengatakan pada 2017 ini akan dilaksanakan lanjutan pembangunan pagar dengan anggaran Rp2,7 miliar pada anggaran APBD.

"Kita akan berupaya menggaet anggaran dari Kementrian Pemuda Olahraga agar stadion ini bisa tuntas pada 2018 nanti," kata Syahiran.

Selain pembangunan pagar, juga akan dibangun sarana perkantoran di kawasan stadion sehingga lengkap seperti Gelora Bung Karno Jakarta.

"Setidaknya kita butuh dana Rp60 miliar lagi agar stadion ini betul- betul rampung dan lengkap dengan fasilitasnya," jelas Syahiran.

Ia berkeinginan stadion yang disiapkan akan diberi nama Stadion Tuah Basamo dan ditargetkan secara keseluruhan rampung menjelang tahun 2020.

"Kalau kita diamanahkan untuk tuan rumah Porprov tahun 2020, Insya Allah kita siap, tinggal lagi kita akan membangun kolan renang, lapangan futsal dan kelengkapan sarana olaraga lainnya," tegas Syahiran. (*)