KSAL Dijadwalkan Resmikan Tugu ALRI Pariaman

id ksal

KSAL Dijadwalkan Resmikan Tugu ALRI Pariaman

Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Ade Supandi (tengah). (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Pariaman, (Antara Sumbar) - Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Ade Supandi dijadwalkan meresmikan monumen Angkatan Laut Republik Indonesia (ALRI) di Kota Pariaman, Sumatera Barat, pada Maret 2017.

Wali Kota Pariaman, Mukhlis Rahman di Pariaman, Kamis, menyebutkan pemerintah setempat telah berkoordinasi dengan Danlantamal II Padang untuk membantu menjembatani agar KSAL TNI bersedia meresmikan tugu ALRI.

Pemerintah daerah menilai dengan diresmikannya oleh KSAL akan semakin memperkuat nilai sejarah wilayah pesisir Sumatera Barat, khususnya Kota Pariaman karena pernah menjadi pusat Angkatan Laut Republik Indonesia pada 1948.

Selain itu pemerintah daerah juga telah mengirimkan permintaan tiga unit tank Amfibi dan meriam yang dihibahkan oleh KSAL untuk mendukung nilai sejarah monumen tersebut.

"Setelah diresmikan tugu ALRI diharapkan dapat mendongkrak kunjungan wisatawan dari berbagai daerah ke Kota Pariaman," tambahnya.

Komandan Lantamal II Padang, Laksamana Pertama TNI Rudwin Thalib mengatakan pihaknya mengapresiasi pemerintah daerah atas pembangunan tugu ALRI yang dinilai telah berupaya menghidupkan kembali sejarah bangsa saat Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI) pada 1948.

"Kami sangat berterima kasih sekaligus mengapresiasi pembangunan tugu ALRI yang telah dilakukan oleh pemerintah daerah dalam rangka melestarikan sejarah TNI AL di perairan Kota Pariaman," ujarnya.

Pihaknya juga berjanji akan membantu pemerintah daerah terkait permintaan tank Amfibi dan meriam sebagai sarana prasarana pendukung.

Untuk pembangunan tugu ALRI tersebut, pemerintah daerah menghabiskan biaya mencapai Rp800 juta yang bersumberkan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2016. (*)