Kamis, 27 April 2017 - 31 Rajab 1438 H

Polisi Bekuk Oknum Petugas Samsat Atas Kasus Penipuan

Pelaku Penipuan pengurusan pajak bermotor, Irvan Hidayat (tengah) usai diinterogasi Kanit Buser Polres Tanah Datar Erwin (kiri) dan Anggota, di Mapolres setempat, Kamis (5/1). (ANTARA SUMBAR/Irfan Taufik)
Batusangkar, (Antara Sumbar) - Polres Tanah Datar membekuk seorang oknum petugas Tenaga Harian Lepas di Kantor Samsat setempat karena diduga melakukan penipuan atas dua orang wajib pajak kendaraan bermotor.

Kapolres Tanah Datar AKBP Irfa Asrul Hanafi didampingi Kasat Reskrim AKP Anton Luther di Pagaruyung, Kamis, mengatakan pelaku bernama Irvan Hidayat (25) ditangkap atas laporan Lp/220/k/XII/2016, tanggal 28 Desember 2016 dan Lp/3/k/I/2017.

"Pelapor atas nama Mardanis (24), warga Nagari Andaleh Baruh Bukit, Kecamatan Sungayang dan Noviardi (29), warga Jorong Nan IV, Nagari Pagaruyung, Kecamatan Tanjung Emas," katanya.

Ia menyebutkan kedua pelapor merasa telah ditipu oleh pelaku dengan cara membantu pengurusan pajak kendaraan bermotor tahun 2016.

"Kedua korban meminta bantuan pelaku membayar pajak mobil dan motor dengan menyerahkan uang sebesar Rp1.800.000, namun setelah sekian lama pengurusan pajak itu tak kunjung selesai," katanya.

Merasa telah ditipu oleh pelaku, kedua korban akhirnya melaporkannya ke Mapolres Tanah Datar.

Setelah ditangkap dan diinterogasi, pelaku mengakui perbuatannya dan menjelaskan uang korban untuk membayar pajak kendaraan itu sudah habis terpakai.

"Kita berharap masyarakat yang merasa dirugikan oleh pelaku atas kasus yang sama dapat melaporkannya ke Polres untuk diproses lebih lanjut," katanya. (*)


Editor : Joko Nugroho

COPYRIGHT © ANTARASUMBAR 2017

Perspektif
Oleh : Hendra Agusta & Fathul Abdi
          Lembaga swadaya masyarakat (LSM) Integritas Padang, Sumatera Barat, pada tahun 2017 menggelar ...
Baca Juga