BPBD Padang Programkan Lomba Sekolah Siaga Bencana

id simulasi

BPBD Padang Programkan Lomba Sekolah Siaga Bencana

Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra)

Padang, (Antara Sumbar) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang, Sumatera Barat, berencana membuat program sekolah peduli bencana yang akan diperlombakan setiap tahun.

"Bencana merupakan sesuatu yang datangnya tidak bisa diduga. Untuk itu kami harus menyiapkan masyarakat yang memiliki pengetahuan tentang bencana tersebut," kata Kepala Pelaksana BPBD Kota Padang Edi Hasymi di Padang, Jumat.

Ia mengatakan perlombaan ini akan diperlombakan pada tiga tingkatan sekolah yaitu tingkat sekolah dasar, tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA).

"Kami akan lihat sekolah mana yang memiliki wawasan dan paling siaga dalam menghadapi bencana dan yang terbaik pada tiap tingkatan akan kita berikan penghargaan," sebutnya.

Ia mengatakan saat ini setiap sekolah biasanya kerap mengikuti perlombaan sekolah Adiwiyata tentang lingkungan. Namun, seyogyanya setiap sekolah harus mengetahui standar operasional pelaksanaan siaga bencana.

"Program ini akan kami usulkan perwako-nya sehingga memiliki landasan hukum yang jelas," jelasnya.

Ia mengatakan apabila perwako terkait pelaksanaan program ini sudah ada, maka akan dilakukan penilaian terhadap sekolah-sekolah tersebut. Pihaknya akan melakukan penilaian selama satu satu tahun penuh.

"Melalui penilaian inilah nantinya kita dapatkan sekolah yang di dalamnya terdapat manusia-manusia yang memiliki wawasan siaga bencana," katanya.

Menurutnya saat ini di Kota Padang sebagian besar bangunan sekolah berada pada zona mereh tsunami. Sehingga setiap sekolah perlu memiliki sistem siaga bencana yang diketahui oleh seluruh pihak sekolah.

"Karena pada zona merah ini memiliki potensi besar terjadi tsunami ketika gempa besar mengguncang Padang maka kita akan lakukan perlombaan khusus pada sekolah yang berada pada zona ini," katanya. (*)