Bantuan Warga Terisolasi Didistribusikan Lewat Hutan

id banjir solok

Bantuan Warga Terisolasi Didistribusikan Lewat Hutan

Banjir di Kecamatan Pantai Cermin, Kabupaten Solok, Sumbar. (IST)

Padang Aro, (Antara Sumbar) - Bantuan untuk 400 warga yang masih terisolasi di Kecamatan Pantai Cermin, Kabupaten Solok, Sumatera Barat didistribusikan lewat hutan.

"Sekarang akses ke tiga Jorong yang terisolasi di Pantai Cermin masih belum diperbaiki dan hari ini rencananya Wakil Bupati Kabupaten Solok meninjau lokasi guna mencarikan solusinya dan untuk sementara bantuan didistribusikan lewat hutan", Kata Camat Pantai Cermin, Syaiful Anwar saat dihubungi di Durian Solok, Minggu.

Dia mengatakan, jalan lewat hutan tersebut merupakan jalan satu-satunya untuk mencapai tiga daerah tersebut.

"Jalan lewat hutan tersebut merupakan hasil swadaya masyarakat setempat," katanya.

Tiga Jorong yang masih terisolasi akibat Banjir yang melanda Kabupaten Solok yaitu, di Nagari Surian berada di Kulemban 17 KK dengan 56 jiwa, Surian Tigo Tambang 55 KK dengan 215 jiwa dan sisanya Jorong APA Muaro Sei Indarung 85 KK.

Dia menambahkan, berbagai bantuan sudah disalurkan kepada warga yang terdampak bankir.

Untuk Sembako dan keperluan memasak katanya, sudah disalurkan dan sekarang rencananya mencarikan solusi bagaimana akses masyarakat terisolasi bisa segera diperbaiki.

Terkait lahan pertanian warga yang terdampak banjir katanya,adasekitar15hektar.

Wali Nagari Surian Edi Madrin mengatakan, untuk pendustribusian bantuan bagi warga terisolasi melalui Jorong Belakang Pasa kemudian diteruskan kehutan baru mencapai penukiman warga.

"Pendistribusian bantuan menempuh waktu sekitar satu jam jalan kaki," katanya.

Sementara itu Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Solok Dasril menyatakan masa tanggap darurat banjir dalam 14 hari.

Ia mengatakan, saat ini pihaknya menfokuskan perhatian ke Pantai Cermin karena daerah itu yang paling parah terdampak banjir. (*)