Senin, 23 Januari 2017 - 25 Rabiul Akhir 1438 H

Polres Mentawai Siapkan 150 Personel Amankan Debat

(ANTARA FOTO)
Mentawai, (Antara Sumbar) - Kepolisian Resor (Polres) Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat (Sumbar) menyiapkan 150 personel untuk pengamanan debat kandidat Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) calon bupati dan wakil bupati yang akan berlangsung pada Sabtu (14/1).

"Untuk pengamanan debat kandidat kami siapkan 150 personel, namun untuk teknis pengamanannya kami akan koordinasi dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Mentawai," kata Kapolres Mentawai, AKBP Hasanuddin di Tuapejat, Selasa.

Ia menjelaskan, sejauh ini pihaknya belum mendapatkan informasi secara menyeluruh tentang kegiatan debat kandidat yang akan dilaksanakan oleh KPU Mentawai, termasuk lokasi kegiatan itu dilangsungkan.

Namun demikian, pihaknya akan secepatnya melakukan koordinasi dengan KPU untuk bisa melakukan persiapan awal dan memetakan teknis pengamanan yang akan dilakukan.

"Kami juga membutuhkan informasi berapa perkiraan massa pendukung yang akan hadir, termasuk hal-hal yang dilarang selama kegiatan debat kandidat berlangsung," katanya.

Ketua KPU Kabupaten Kepulauan Mentawai, Laurensius Sarogdok menyebutkan jadwal debat pertama akan dilaksanakan pada Sabtu(14/1) dan jadwal debat kedua pada 2 Februari 2017.

"Untuk lokasi pelaksanaan debat, tahap pertama dilaksanakan di Mentawai, sementara tahap kedua masih kami bahas," katanya.

Ia menjelaskan, untuk teknis pelaksanaan kegiatan tersebut, pihaknya akan membatasi jumlah pengunjung atau massa pendukung pasangan calon yang masuk dalam ruang debat .

"Artinya, masing-masing pasangan calon hanya diizinkan membawa massa pendukung sebanyak 50 orang dengan menggunakan identitas diri dan dilarang membawa atribut atau Alat Peraga Kampanye (APK) yang besar," katanya.

Terkait dengan panelis yang akan ditunjuk dalam debat kandidat tersebut, Laurensius mengungkapkan KPU Mentawai sudah mene tapkan tiga orang akademisi. Satu dari Universitas Andalas dan dua lainnya dari Universitas Bung Hatta Padang. (*)


Editor : Joko Nugroho

COPYRIGHT © ANTARASUMBAR 2017

Perspektif
Oleh : Ikhwan Wahyudi/Mardikola Tri Rahmat
Lebih kurang 28 hari lagi warga Kota Payakumbuh, Sumatera Barat akan menentukan masa depan lima tahun ke depan untuk memilih ...
Baca Juga