Rabu, 18 Oktober 2017 - 28 Muharram 1439 H

Harga Kebutuhan Pokok Naik di Kota Pariaman

(ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma)
Pariaman, (Antara Sumbar) - Sejumlah harga kebutuhan pokok di Kota Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar), mengalami kenaikan akibat kekurangan pasokan dari distributor.

"Beberapa kebutuhan pokok yang mengalami kenaikan seperti cabai merah, cabai rawit, bawang merah, tomat, dan daging ayam," kata Eni (35) salah seorang pedagang di Pasar Pariaman, Selasa.

Ia mengatakan harga cabai rawit saat ini dijual pedagang Rp60.000 per kilogram naik Rp10.000 dari harga sebelumnya.

Untuk cabai merah keriting para pedagang setempat menjual Rp50.000/kg naik sebesar Rp10.000 dari harga sebelumnya. Kemudian, tomat juga mengalami kenaikan harga sebesar Rp2.000 dari Rp5.000/kg harga sebelumnya.

"Tidak hanya buah dan sayur, harga daging ayam potong juga mengalami kenaikan signifikan sebesar Rp5.000 per kilogramnya," ujarnya.

Damen (45), pedagang lainnya juga mengungkapkan hal yang sama terkait lonjakan sejumlah harga kebutuhan pokok yang diakibatkan kekurangan pasokan dan cuaca buruk.

"Pasokan kurang akibat cuaca buruk sejak beberapa waktu terakhir, sehingga seluruh pedagang harus berbagi dengan pedagang yang lainnya di Sumbar," ujarnya.

Untuk cabai merah keriting, sebutnya pada umumnya dijual kisaran Rp48.000 hingga Rp50.000/kg. Sedangkan cabai rawit dijual paling tinggi Rp60.000/kg.

Ia mengatakan akibat kenaikan harga kebutuhan pokok tersebut, omzet dagangannya mengalami penurunan dari sepekan sebelumnya.

"Kenaikan harga kebutuhan pokok sangat berpengaruh pada omzet penjualan, karena daya beli para konsumen menurun drastis," ujar dia.

Ia berharap pemerintah dapat menindaklanjuti hal tersebut sehingga harga kebutuhan pokok bisa kembali normal di tengah masyarakat. (*)


Editor : Joko Nugroho

COPYRIGHT © ANTARASUMBAR 2017

Perspektif
Oleh : Atman Ahdiat
Semangat Pemerintah Daerah Sumatera Barat untuk memacu pertumbuhan di sektor pariwisata terpancar pada Forum Investasi Regional ...
Baca Juga