Senin, 1 Mei 2017 - 5 Sya'ban 1438 H

Serapan APBD Padangpariaman 2016 Capai 93,29 Persen

Parit Malintang, (Antara Sumbar) - Serapan APBD Kabupaten Padangpariaman, Sumatera Barat, mencapai 93,29 persen dari anggaran daerah itu sebesar Rp1,351 triliun pada 2016.

"APBD 2016 sebesar Rp1,351 triliun sedangkan yang terserap mencapai Rp1,260 triliun atau 93,29 persen," kata Bupati Padangpariaman, Ali Mukhni di Padangpariaman, Selasa.

Ia mengatakan serapan terbanyak yaitu melalui Dinas Pekerjaan Umum untuk pekerjaan jalan, irigasi, dan jaringan dengan serapan mencapai Rp 203 miliar atau 98,7 persen dari Rp206 miliar dana yang disediakan.

Sedangan untuk pembangunan gedung, lanjutnya dari Rp67 miliar yang disediakan direalisasikan sebesar Rp62 miliar atau 92,75 persen.

Untuk itu pihaknya terus melakukan komunikasi antar Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di bawah koordinasi Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset setempat guna memaksimalkan penyerapan APBD daerah itu ke depannya.

Kami paham dengan peringatan Presiden RI Jokowi beberapa bulan lalu mengenai percepatan serapan APBD, oleh karena itu ke depan penyerapan APBD akan kami optimalkan, ujarnya.

Sementara itu Wakil Bupati Padangpariaman, Suhatri Bur mengatakan akan terus melakukan pemantauan, pengawasan, dan menjalin koordinasi dengan seluruh OPD di daerah itu, terutama urusan penyerapan anggaran serta penyelesaian masalah di lapangan.

"Ke depan, serapan anggaran harus lebih baik lagi karena kegagalan capaian target penyerapan anggaran akan terjadi dana yang menganggur," katanya.

Padahal apabila pengalokasian anggaran efisien, maka akan berbanding lurus dengan pembangunan di Padangpariaman, kata dia.

Ia berharap pada 2017 APBD kabupaten tersebut dapat terserap dengan maksimal sehingga pembangunan di daerah itu dapat menjadi lebih baik. (*)


Editor : Joko Nugroho

COPYRIGHT © ANTARASUMBAR 2017

Perspektif
Oleh : Mario Sofia Nasution
          Padang, 25/4 (Antara) - Keputusan Tim Semen Padang FC mengontrak pemain bintang dunia atau ...
Baca Juga