Minggu, 26 Februari 2017 - 30 Jumadil Awwal 1438 H

Pengunjung Pulau Angso Duo Pariaman 28.310 Wisatawan

Pulau Angso Duo Pariaman.
Pariaman, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kota Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar), menyebutkan sebanyak 28.310 wisatawan telah mengunjungi objek wisata bahari Pulau Angso Duo selama 2016.

"Jumlah tersebut berdasarkan bukti manifes yang tercatat dari pengunjung menaiki kapal wisata secara resmi," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) setempat, Efendi Jamal di Pariaman, Selasa.

Ia mengatakan secara keseluruhan jumlah kunjungan wisatawan ke kota "Tabuik" tersebut diperkirakan mencapai tiga juta jiwa.

"Hingga September 2016 tingkat kunjungan yang tercatat ke beberapa objek wisata di Kota Pariaman mencapai 2,4 juta. Pemerintah daerah memiliki target kunjungan sebanyak tiga juta jiwa pada 2016," ujarnya.

Meskipun demikian, terangnya tingkat kunjungan ke Pulau Angso Duo mengalami penurunan akibat cuaca buruk yang terjadi sejak beberapa bulan terakhir.

Untuk mendongkrak tingkat kunjungan pariwisata pada 2017 ke daerah itu, pemerintah setempat akan memperbaiki dan menambah sejumlah fasilitas pendukung.

"Selain penambahan dan perbaikan sejumlah fasilitas, pemerintah daerah juga akan terus memperbaiki Standar Operasional Prosedur ke pulau sehingga pelayanan semakin baik," katanya.

Sementara itu Kepala Seksi Perizinan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) setempat, Fatma mengatakan tingkat kunjungan wisatawan ke Pulau Angso Duo mengalami penurunan drastis sejak sepekan terakhir.

"Sejak 1 hingga 9 Januari 2017 jumlah kunjungan ke pulau tercatat kurang lebih hanya 2000 wisatawan," katanya.

Ia mengatakan penurunan jumlah wisatawan tersebut juga terjadi saat natal dan libur akhir tahun 2016.

"Pada awal 2016 tingkat kunjungan wisatawan ke pulau bisa mencapai 700 orang dalam satu hari terutama Sabtu dan Minggu," katanya.

Ia menjelaskan penurunan jumlah wisatawan tersebut diakibatkan dua faktor, pertama karena cuaca ekstrem sejak beberapa bulan terakhir.

Kemudian para pengunjung yang datang juga mengeluhkan keterbatasan sarana dan prasarana yang ada di Pulau Angso Duo.

"Kita tidak menampik bahwa sarana dan prasarana di pulau belum ada perubahan dan penambahan secara signifikan, sehingga membawa pengaruh cukup besar pada tingkat kunjungan wisata," ujarnya. (*)


Editor : Joko Nugroho

COPYRIGHT © ANTARASUMBAR 2017

Perspektif
Oleh : Yon Machmudi, Ph.D
Padang, (Antara Sumbar) -Apabila tidak ada perubahan maka pada 1-9 Maret 2017 Raja Arab Saudi, Salman bin Abdul Aziz, akan ...
Baca Juga