Senin, 27 Februari 2017 - 31 Jumadil Awwal 1438 H

Pilkada, KPU Payakumbuh Gencarkan Sosialisasi ke Pemilih Pemula

Peserta Pilkada Payakumbuh.
Payakumbuh, (Antara Sumbar) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Payakumbuh, Sumatera Barat, menggencarkan sosialisasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2017 kepada pemilih pemula sehingga mereka berpartisipasi dalam pesta demokrasi lima tahunan itu.

"Pemilih pemula adalah bagian terpenting dalam Pilkada Payakumbuh. Untuk itu perlu diberikan sosialisasi kepada mereka," kata Ketua KPU Kota Payakumbuh, Muhammad Khadafi saat dihubungi di Payakumbuh, Rabu.

Menurutnya pemilih pemula perlu memperoleh pendidikan politik yang benar karena mereka adalah aset bangsa di masa depan dan diharapkan dapat menggunakan hak suaranya secara bijak saat pencoblosan nantinya.

Pemilih pemula pada Pilkada Kota Payakumbuh 2017 adalah pemilih yang sudah berusia 17 tahun pada saat pemilihan berlangsung yaitu 15 Februari 2017.

Kemudian, data pemilih pemula tersebut sudah masuk dalam Data Penduduk Pemilih Potensial Pemilu (DP4) yang kini sudah berada di KPU RI. Kemudian melakukan sinkronisasi DP4 dengan data pemilih tetap (DPT) pada Pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur Sumbar 2015.

Data hasil sinkronisasi tersebut menjadi dasar bagi panitia pendaftaran pemilih (pantarlih) untuk melakukan verifikasi dan pemutakhiran data pemilih pada Pilkada Kota Payakumbuh.

Ia menyebutkan dari 84.329 orang yang telah ditetapkan dalam DPT Pilkada 2017, tujuh hingga 10 persen adalah pemilih pemula, untuk itu perlu dimaksimalkan sosialisasi agar mereka ikut menyukseskan Pilkada Payakumbuh.

Sosialisasi tersebut dilakukan ke 11 lembaga pendidikan setingkat SMA, yang mana mereka menjadi target sosialisasi yang dilakukan pihak penyelenggara Pilkada bersama, Panitia Pengawasan Pemilih (Panwaslih), dan para relawan.

Khadafi menambahkan, ada beberapa metode sosialisasi, di antaranya dialog langsung dengan pelajar, menjadi pembina upacara, dan mengumpulkan pelajar di ruangan pertemuan.

Pihaknya juga menyosialisasikan simulasi pemilihan yang benar serta memahami visi dan misi ketiga Pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Payakumbuh.

Sebelumnya Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Payakumbuh, Priadi Syukur mengimbau semua masyarakat di kota itu agar sama-sama menyukseskan pesta demokrasi yang diselenggarakan satu kali lima tahun tersebut, sehingga melahirkan putra terbaik yang akan memimpin Payakumbuh lima tahun mendatang.

Menurutnya, tidak akan ada Pilkada, Pilpres, ataupun pemilu legislatif tanpa adanya masyarakat yang akan memberikan hak pilih yang mereka miliki.

Kemudian, ia juga menginstruksikan kepada semua Aparatur Sipil Negara (ASN) di kota itu agar ikut menyukseskan Pilkada, serta tidak memihak kepada salah satu pasangan calon. Jika katahun memihak maka akan diberikan sanksi sesuai aturan berlaku.

Pilkada Kota Payakumbuh diikuti oleh tiga pasang kontestan, yakni Wendra Yunaldi-Ennaidi, Riza Falepi Erwin Yunaz, serta Suwandel Muchtar dan Fitrial Bachri. (*)


Editor : Joko Nugroho

COPYRIGHT © ANTARASUMBAR 2017

Perspektif
Oleh : Yon Machmudi, Ph.D
Padang, (Antara Sumbar) -Apabila tidak ada perubahan maka pada 1-9 Maret 2017 Raja Arab Saudi, Salman bin Abdul Aziz, akan ...
Baca Juga