Selasa, 27 Juni 2017 - 3 Syawwal 1438 H

Harga Cabai dan Beras Naik di Padang Panjang

(ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma)
Padang Panjang, (Antara Sumbar) - Harga cabai dan beras kualitas terbaik di tingkat pedagang pasar tradisional Kota Padang Panjang, Sumatera Barat, mengalami kenaikan pada minggu pertama Januari 2017 setelah sempat bertahan beberapa minggu.

"Harga cabai naik sebesar Rp15.000 dari Rp50.000 menjadi Rp65.000 perkilogram," kata Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan UMKM Padang Panjang, Arpan di Padang Panjang, Rabu.

Untuk beras kualitas terbaik naik sebesar Rp1.000 dari Rp13.000 menjadi Rp14.000 perkilogram.

Ia mengatakan kenaikan harga cabai dan beras itu terjadi, karena permintaan masyarakat tidak sebanding dengan persediaan.

"Jika permintaan masyarakat tinggi sementara persediaan sedikit, maka harga bahan pokok akan mengalami kenaikan dan demikian sebaliknya termasuk beras dan cabai," katanya.

Kenaikan harga cabai dan beras kualitas terbaik itu, kata dia masih diatas kewajaran atau belum melampaui batas normal.

Ia berharap kepada masyarakat bisa mengatur pengeluaran untuk memenuhi kebutuhan pokok, mengingat harganya yang masih berfluktuasi.

"Harga bahan pokok seperti cabai dan beras itu belum stabil, karena hal itu dipengaruhi oleh kondisi cuaca," katanya.

Pedagang kebutuhan pokok di pasar tradisional Padang Panjang, Neli membenarkan harga sejumlah bahan pokok saat ini mengalami kenaikan.

"Meskipun harga cabai dan beras naik, namun permintaan masyarakat masih seperti biasa," katanya.

Anggota DPRD Padang Panjang, Hendra Saputra mengharapkan pemerintah melalui instansi terkait, bisa mengatasi kenaikan harga pada beras dan cabai tersebut.

"Meskipun kenaikannya masih normal, namun antisipasi harus dilakukan sedini mungkin, sehingga lonjakan harga tidak terjadi tiba-tiba," katanya. (*)


Editor : Joko Nugroho

COPYRIGHT © ANTARASUMBAR 2017

Perspektif
Oleh : Miko Elfisha
          Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy baru saja menetapkan sistem pendidikan baru ...
Baca Juga