Pembukaan Masjid Raya Sumbar Ditandai Tablig Akbar

id Masjid Raya Sumbar

Pembukaan Masjid Raya Sumbar Ditandai Tablig Akbar

(ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra)

Padang, (Antara Sumbar) - Pembukaan kembali Masjid Raya Sumatera Barat (Sumbar) untuk aktivitas keagamaan setelah ditutup sementara karena pengerjaan lantai satu dan dua ditandai dengan tablig akbar pada, Jumat (13/1).

"Doktor akidah, alumnus Fakultas Dakwah dan Ushuludin Universitas Islam Madinah, Muhammad Nur Ikhsan akan hadir memberikan tausiyah sekaligus khatib Jumat pada pembukaan Masjid Raya Sumbar," kata Kepala Biro Bina Mental dan Kesra Sumatera Barat, Syahril di Padang, Kamis.

Ia mengatakan tablig akbar tersebut bukan peresmian penggunaan, namun hanya seremoni penggunaan kembali pascapenyelesaian pekerjaan lantai satu dan dua. Sedangkan peresmian penggunaan sudah dilakukan pada 7 Februari 2014 oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Menurutnya beberapa waktu terakhir pihaknya sudah mendapatkan banyak desakan dari masyarakat untuk membuka kembali Masjid Raya Sumbar untuk aktifitas keagamaan.

"Mungkin masyarakat sudah penasaran dan ingin menyaksikan sendiri kondisi dalam ruangan masjid yang telah selesai dikerjakan tersebut," katanya.

Syahril mengatakan sebenarnya pembukaan kembali Masjid Raya Sumbar tersebut rencananya dilakukan awal Januari 2017, tetapi karena masih banyak bekas material yang belum dibersihkan, maka operasional masjid ditunda.

Menurutnya sekarang pembersihan sisa-sisa material pembangunan masjid yang semula masih menumpuk pada beberapa titik telah selesai dilakukan.

Sebelumnya Pemprov Sumbar memutuskan untuk menutup sementara Masjid Raya Sumbar dari aktivitas ibadah sejak 19 September 2016 karena sedang ada pengerjaan lantai I dan II. Kebijakan itu diambil agar masyarakat tidak terganggu beribadah dan pengerjaan masjid juga berjalan lancar. (*)