Disdukcapil Pasaman Terapkan Mesin Antrean Tingkatkan Pelayanan

id Disdukcapil

Disdukcapil Pasaman Terapkan Mesin Antrean Tingkatkan Pelayanan

Ilustrasi - Disdukcapil. (Antara)

Lubuk Sikaping, (Antara Sumbar) - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat, menerapkan mesin antrean di empat loket pelayanan dan penambahan satu unit mobil keliling untuk meningkatkan kualitas pelayanan pada masyarakat.

Kepala Disdukcapil Pasaman Sukardi, di Lubuk Sikaping, Kamis, mengatakan pelayanan menggunakan mesin antrean ini sudah berjalan sejak satu minggu lalu sehingga warga yang berurusan bisa dilaksanakan dengan tertib dan cepat.

Selain itu penanbahan satu unit mobil keliling yang saat ini sudah ada dua mobil pelayanan kependudukan keliling telah menambah jadwal pelayanan.

Mobil pelayanan keliling tersebut sudah datang sejak Desember 2016 dan saat ini dalam tahap pemasangan alat.

"Mudah-mudahan pada awal Februari 20017 ini sudah bisa beroperasi di 37 nagari yang ada di 12 kecamatan," katanya.

Sementara itu Sekretaris Disdukcapil Pasaman Eko Syafrianto mengatakan pihaknya juga akan memberikan insentif kepada kepala jorong yang melaporkan kematian warganya kepada pihak Disdukcapil.

"Untuk satu laporan kematian hingga keluar Akte Kematian akan diberikan insentif sebesar Rp50.000," katanya.

Insentif juga akan diberikan kepada bidan desa yang membantu persalinan dan membantu pembuatan Akte Kelahiran sebesar Rp25.000 per akte.

Ia menjelaskan berdasarkan Surat Edaran Kementerian Dalam Negeri Nomor 470/295/SJ tertanggal 26 Januari 2017 bahwa Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP) berlaku seumur hidup.

"Bagi masyarakat yang sudah habis masa berlaku E-KTP tidak perlu khawatir karena masih tetap berlaku. Tidak perlu diperbarui selama datanya tidak berubah seperti alamat," katanya.

Warga Tarung-tarung, Kecamatan Rao Amir (45) mengatakan pelayanan di Disdukcapil setempat saat ini sudah semakin membaik.

"Sekarang sudah pakai nomor antrean jadi tidak perlu lagi berdesak-desakan untuk mendapatkan pelayanan. Saya ke sini ingin mengurus akte kelahiran anak," katanya.

Ia berharap pelayanan pembuatan dokunen kependudukan terus membaik dengan proses yang singkat.

(*)