Polisi Terapkan Pengamanan Empat Lapis Debat Pilkada Jakarta

id PILKADA JAKARTA

Polisi Terapkan Pengamanan Empat Lapis Debat Pilkada Jakarta

Ketua KPU DKI Jakarta Sumarno menunjukkan contoh surat suara Pilkada DKI Jakarta Tahun 2017. (ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf)

Jakarta, (Antara Sumbar) - Aparat kepolisian menerapkan pengamanan empat lapis saat pelaksanaan debat calon gubernur dan calon gubernur pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2017.

"Pengamanan empat lapis mulai dari dalam hingga pintu keluar masuk," kata Kepala Subbagian Humas Polres Metro Jakarta Selatan Komisaris Polisi Purwanta di Jakarta, Jumat.

Purwanta menyebutkan pengamanan ring satu pada bagian Audirotium Birawa, ring kedua bagian samping kiri-kanan auditorium, ring tiga bagian halaman Hotel Bidakara dan ring empat bagian pintu keluar masuk.

Purwanta mengatakan petugas akan memberlakukan kanalisasi bagi pendukung yang memasuki area debat Pilkada DKI Jakarta 2017 pada akses pintu keluar dan masuk.

Petugas kepolisian dan tim pemenangan pasangan calon telah menyepakati setiap pasangan calon mendapatkan jatah 100 pendukung yang memasuki auditorium sehingga jumlah total pendukung sebanyak 300 orang.

Sebanyak 1.500 personel gabungan akan mengamankan kegiatan debat pasangan calon Pilkada DKI Jakarta tersebut.

Polisi juga akan mengerahkan petugas untuk mengatur arus lalu lintas di sekitar Hotel Bidakara guna mengantisipasi kepadatan kendaraan.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta akan menggelar debat pertama calon gubernur-wakil gubernur DKI Jakarta di Hotel Bidakara pada Jumat (13/1) mulai pukul 20.00 WIB.

KPU DKI Jakarta akan mengangkat tema "Pembangunan Sosial Ekonomi untuk Jakarta" pada debat pertama yang akan diikuti pasangan Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni, Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat dan Anies Baswedan-Sandiaga Uno.

Tema debat pertama dibagi tiga isu sosial ekonomi, yakni pertama soal kesenjangan ekonomi, kedua lingkungan, transporasi, tata kota, infrastruktur dan banjir, dan ketiga pendidikan, keamanan warga, pendidikan karakter, resolusi konflik dan kehidupan masyarakat Jakarta.

Debat pertama akan disiarkan secara langsung oleh tiga stasiun televisi yaitu Net, TV One, dan Jawa Pos TV pukul 20.00 WIB serta tujuh stasiun televisi lainnya akan menyiarkan siaran tunda.

Debat kedua dan ketiga akan digelar pada 27 Januari dan 10 Februari 2017. (*)