Camat Batipuh Selatan Diminta Kembangkan Potensi Danau Singkarak

id sertijab camat batsel

Camat Batipuh Selatan Diminta Kembangkan Potensi Danau Singkarak

Bupati Irdinansyah Tarmizi (kanan) menyaksikan acara serah terima jabatan (sertijab) Camat Batipuh Selatan dari pejabat lama Syahril kepada pejabat baru Yatriwel dan Sekretaris Camat dari Dedi kepada Sonny Sandra di Nagari Sumpu, Senin (16/1) (ANTARA SUMBAR/Irfan Taufik)

Batusangkar, (Antara Sumbar) - Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi meminta Camat Batipuh Selatan dapat mengembangkan potensi objek wisata Danau Singkarak sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat disana.

Hal itu disampaikan kepala daerah saat menghadiri acara serah terima jabatan (sertijab) Camat Batipuh Selatan dari pejabat lama Syahril kepada pejabat baru Yatriwel dan Sekretaris Camat dari Dedi kepada Sonny Sandra di Nagari Sumpu, Senin.

"Daerah Batipuh Selatan termasuk zona strategis pengembangan pariwisata di Tanah Datar khusus di sepanjang Danau Singkarak, banyak potensi yang dapat dikembangkan," katanya.

Ia menyebutkan Danau Singkarak sebagai daerah tujuan wisata masih perlu penambahan sarana dan prasarana pendukung sehingga para wisatawan baik domistik maupun mancanegara merasa senang dan nyaman berkunjung ke sana.

Bupati juga mengingatkan camat bila tidak dikelola dengan baik maka akan banyak muncul permasalahan seperti menjadi lokasi maksiat, pergaulan bebas, dan perbuatan negatif lainnya.

Di sisi lain, kepala daerah mengharapkan camat dapat mengawal dan mengawasi pengelolaan dana nagari untuk kegiatan pemberdayaan masyarakat sebanyak 30 persen dari total dana nagari.

Ia mengatakan tantangan pembangunan daerah dan pemberdayaan masyarakat ke depan cukup berat sehingga dituntut kinerja pejabat lebih maksimal.

"Pembangunan daerah dan pemberdayaan masyarakat merupakan tanggung jawab kita bersama, maka pejabat daerah harus merangkul seluruh komponen masyarakat," katanya.

Sementara itu, Camat Batipuh Selatan Yatriwel meminta seluruh komponen masyarakat dapat memberikan dukungan pemikiran dan moril dalam rangka melaksanakan tugasnya di Kecamatan Batipuh Selatan.

"Kami tidak akan mampu mengemban beban berat yang diamanahkan ini tanpa adanya dukungan penuh dari seluruh komponen masyarakat dan yang terpenting saran dan kritik untuk kebaikan Kecamatan Batipuh Selatan ke depan," katanya.

Hadir dalam acara sertijab tersebut para kepala dinas, camat, wali nagari, para guru dan pejabat yang dilantik beserta keluarga. (*)