Pengadilan Negeri Padang Gelar Rapat Bahas Pelayanan Publik

id pengadilan negeri padang

Pengadilan Negeri Padang Gelar Rapat Bahas Pelayanan Publik

Unsur pimpinan, hakim, serta sejumlah pegawai Pengadilan Negeri Klas I A Padang menggelar rapat untuk membahas peningkatan pelayanan publik di lembaga itu, Selasa (17/1). (ANTARA SUMBAR/Fathul Abdi)

Padang, (Antara Sumbar) - Pengadilan Negeri Klas I A Padang, Sumatera Barat (Sumbar), menggelar rapat membahas pelayanan publik di lembaga itu.

"Agenda rapat adalah membahas pelayanan publik. Apa yang sudah ada saat ini akan dievaluasi, mana yang perlu ditambah akan ditambah," kata Pejabat Humas Pengadilan Estiono, usai rapat di Padang, Selasa.

Pembahasan pelayanan publik tersebut, katanya, untuk memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat yang berkepentingan di pengadilan.

"Hal itu sejalan untuk mengejar akreditasi pelayanan dari Mahkamah Agung RI. Beberapa peradilan di Indonesia sudah memperolehnya, makanya kami juga menargetkan hal itu," katanya.

Ia mengatakan pengadilan dengan statusnya sebagai badan pelayanan publik, harus terus melakukan pembenahan fasilitasnya.

"Fasilitas itu baik yang ada di luar persidangan, atau yang berada di luar peraidangan," jelasnya.

Dipaparkannya, beberapa fasilitas itu seperti ruang tunggu pengunjung sidang yang layak, perparkiran, sanitasi serta kelengkapan ruang sidang guna menunjang kenyamanan.

Ia mengatakan pelayanan tersebut akan maksimal setelah kantor utama Pengadilan Padang di Jalan Khatib Sulaiman, dapat digunakan kembali.

Hal itu mengingat kantor tersebut saat ini masih dalam proses rehabilitasi dan ditargetkan selesai pada Oktober 2017.

Karena hal tersebut akhirnya kantor pengadilan dipindahkan sementara ke Jalan Rasuna Said, daerah setempat. Pada tempat itu disidangkan perkara pidana umun serta perdata.

Sementara Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor), dipindahkan ke Anak Air, Kecamatan Koto Tangah, Padang.

Salah seorang pengunjung sidang Erdiwan (32), berharap agar pemebenahan itu segera dilakukan. Sehingga fasilistas yang baik dapat memberikan kenyamanan bagi pengunjung.

Rapat tersebut dipimpin langsung oleh Ketua Pengadilan Padang Amin Ismanto, dan dihadiri seluruh hakim pada lembaga itu. (*)