Bupati: Pejabat Elemen Terpenting Dalam Pembangunan Daerah

id gusmal

Bupati: Pejabat Elemen Terpenting Dalam Pembangunan Daerah

Bupati Solok Gusmal.

Arosuka, (Antara Sumbar) - Bupati Solok, Sumatera Barat (Sumbar), Gusmal mengatakan bahwa pejabat merupakan elemen terpenting yang berperan serta dalam membantu pembangunan dan perkembangan suatu daerah.

"Untuk itu seluruh Satuan Perangkat Kerja Daerah (SKPD) harus turut berperan serta membantu kinerja pemerintah daerah," katanya di Arosuka, Selasa.

Ia mengatakan tanpa adanya kerja sama dari seluruh Aparatul Sipil Negara (ASN) dan SKPD terkait tentu suatu daerah tidak dapat berkembang. "Mulai dari wali nagari hingga petinggi lainnya harus turut membantu," katanya.

Demi kemajuan daerah tersebut pada masa mendatang, pihaknya telah melantik pejabat eselon II, III dan IV sejak awal Januari lalu.

"Pada hari ini sebanyak 404 pejabat eselon IV yang telah dilantik di GOR Batu Batupang, Kabupaten Solok Sumbar," katanya.

Ia meminta kepada pejabat eselon yang baru dilantik agar membangun komitmen bersama dalam bekerja dan menjalankan agenda penting daerah demi pembangunan dan kepentingan masyarakat.

"Penggantian pejabat bertujuan memastikan roda pemerintahan dikendalikan oleh orang-orang yang kompeten dan telah diseleksi oleh tim yang dibentuk. Jadi setelah dilantik harus secepatnya menyesuaikan diri dan bekerja," katanya.

Dan juga pejabat yang baru dilantik harus mampu berinovasi dan menciptakan program-program baru yang dapat menyejahterakan masyarakat, ujarnya.

"Tentunya mereka harus paham, tugasnya sebagai pemimpin, sehingga nantinya akan jelas program dan kebijakan seperti apa yang akan dibuat," katanya.

Tidak hanya itu, setiap pimpinan organisasi perangkat daerah harus mampu memotivasi pegawainya untuk tetap bekerja maksimal demi kepentingan masyarakat dan perkembangan pembangunan daerah, kata dia.

"Yang paling penting jabatan yang diberikan adalah amanah. Jangan dikotori dengan praktek melanggar hukum seperti pungutan liar atau korupsi," katanya.

Bupati Gusmal berharap kepada pejabat yang baru dilantik untuk segera berjuang dan melaksanakan tugas dengan penuh tanggungjawab dalam memajukan daerah Kabupaten Solok. (*)