Gubernur Sumbar Anjurkan Karateka Letakkan Target Tinggi

id Irwan Prayitno

Gubernur Sumbar Anjurkan Karateka Letakkan Target Tinggi

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno.

Padang, (Antara Sumbar) - Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Irwan Prayitno menganjurkan seluruh karateka Institut Karate-do Nasional (Inkanas) di daerah itu untuk meletakkan target setinggi-tingginya agar bisa terpacu untuk meningkatkan kemampuan diri dengan latihan yang serius.

"Jangan hanya juara nasional. Targetkan jadi yang terbaik pada kompetisi internasional. Kemudian seriuslah untuk meraih target itu," katanya saat menerima 12 atlet karate Inkanas di Padang Padang, Kamis.

Atlet tersebut akan berlaga pada kejuaraan karate terbuka HEXA Cup III 21 hingga 22 Januari 2017 di Depok.

Ia menjelaskan orang-orang yang berhasil menjadi yang terbaik adalah yang memiliki target dan tujuan yang jelas dan melakukan upaya semaksimal mungkin dalam mencapai tujuan tersebut.

"Dalam karate, hasil adalah akumulasi dari usaha dan latihan keras. Asal mau latihan dan memperbaiki teknik tentu akan mendapatkan hasil positif," terang Irwan yang juga merupakan Ketua Umum Inkanas Sumbar.

Ia menerangkan 12 atlet yang terpilih mengikuti kejuaraan telah melewati satu langkah, yaitu seleksi di daerah.

"Dari ribuan karateka Inkanas di Sumbar, terpilih 12 orang. Ini adalah prestasi tersendiri. Tingkatkan semangat dan terus latihan agar menjadi yang terbaik dalam HEXA Cup III," terang dia.

Ia mengingatkan dalam PON lalu, tidak satupun medali emas yang bisa diraih oleh karateka Inkanas. Menurutnya itu harus menjadi catatan, terutama dalam mengembangkan bibit-bibit karateka usia dini.

Sementara itu Ketua Harian Inkanas Sumbar AKP Edi Karan Prianto mengatakan atlet yang terpilih untuk ikut dalam kejuaraan HEXA Cup telah melewati seleksi ketat.

Namun untuk berkembang menjadi atlet yang lebih baik, menurutnya perlu latihan yang lebih keras lagi serta mempelajari apapun yang bisa dipelajari dari kejuaraan yang diikuti.

"Jadikan pengalaman mengikuti kejuaraan sebagai salah satu batu loncatan untuk meraih prestasi yang lebih tinggi," sebutnya.

Ia mengatakan dari 12 atlet yang dikirim tersebut tiga orang akan turun pada kategori Kata dan sembilan orang kategori Komite. (*)