BPCB Berencana Gelar Jelajah Budaya di Pasaman

id Museum Imam Bonjol

BPCB Berencana Gelar Jelajah Budaya di Pasaman

Museum Tuanku Imam Bonjol salah satu yang akan dikunjungi dalam program Jelajah Budaya yang digelar Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Wilayah Kerja Sumbar, Riau dan Kepri, Batusangkar, di Kabupaten Pasaman. (Antara)

Padang, (Antara Sumbar) - Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Wilayah Kerja Sumbar, Riau dan Kepri, Batusangkar, Sumatera Barat, berencana menggelar even Jelajah Budaya pada 3 hingga 6 Mei 2016 di Kabupaten Pasaman.

Kepala BPCB Sumbar, Nurmatias saat dikonfirmasi dari Padang, Kamis, mengatakan kegiatan ini merupakan sebuah bentuk sinergitas antara BPCB dengan Kabupaten Pasaman dalam bidang kebudayaan dan pendidikan.

Program jelajah budaya ini direncanakan melibatkan siswa SLTA se-Sumbar, juga akan ada beberapa agenda lainnya seperti pameran, dialog interaktif serta kunjungan siswa ke beberapa objek wisata bersejarah yang ada di Pasaman.

Ia menyampaikan ada beberapa objek sejarah yang nantinya akan dikunjungi, seperti Candi Tanjung Medan, Prasasti Lubuak Layang, Prasasti Ganggo Hilia dan juga Museum Imam Bonjol.

"Dalam acara itu nantinya seluruh peserta yang merupakan siswa SLTA akan dibawa mengunjungi peninggalan sejarah fenomenal yang ada di Pasaman," kata dia.

Sementara itu sejarawan Universitas Andalas (Unand) Padang Prof Gusti Asnan mengatakan setiap generasi muda perlu mempelajari sejarah, karena apa yang terjadi di masa lalu merupakan pelajaran untuk masa sekarang.

Dalam mengambil keputusan untuk masa depan juga harus mengacu kepada sejarah agar kesalahan-kesalahan masa lalu tidak kembali terulang.

"Inilah salah satu alasan mengapa seluruh masyarakat perlu mengetahui sejarah, apalagi itu generasi muda, tentunya agar mereka bisa belajar untuk jadi lebih bijaksana dalam bersikap, sebab sejarah akan terus berulang," katanya. (*)