Pemkot Padang Percepat Pembangunan Komunikasi Praktis

id internet

Pemkot Padang Percepat Pembangunan Komunikasi Praktis

Ilustrasi - (ANTARA TV SUMBAR)

Padang, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kota (Pemkot) Padang, Sumatera Barat, mempercepat pembangunan komunikasi praktis, modern dan terintegrasi di segala sektor pemerintahan dan masyarakat pada 2017.

"Kemajuan teknologi dalam jaringan menjadi patokan pengembangan sistem komunikasi dan informasi praktis tersebut," kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Padang, Didi Aryadi di Padang, Jumat.

Ia menyebutkan komunikasi praktis ini dimulai dari penerapan di lingkungan kerja pemerintah kota seperti penerapan surat elektronik, absen terintegrasi dan beberapa program dalam jaringan lainnya.

Khusus penerapan surat elektronik tersebut pihaknya menerapkan pola tersebut sejak awal tahun ini, dilakukan sebagai langkah mempercepat kinerja administrasi para pegawai.

"Nantinya aparatur tidak disibukkan dengan urusan rumit pencarian surat atau dokumen hanya dengan mencarinya secara dalam jaringan pada portal atau halaman web," katanya.

Sistem ini, tegasnya akan diselesaikan dalam 100 hari kerja menyeluruh dari pimpinan kota hingga kelurahan.

Selain menerapkan surat elektronik, dalam 100 hari kerja Diskominfo juga akan menerapkan kerja sama aplikasi "Integrated Quick Respon (IQR)" yang telah digagas kepolisian, terutama dalam mengatur koordinasi antara pemerintah dan aparat keamanan dalam pengawasan tindakan kriminal dan pelanggaran lainnya.

Kemudian, imbuhnya pihaknya akan menyempurnakan halaman internet padang.go.id sehingga lebih bermanfaat untuk penyebarluasan informasi kegiatan pemerintah.

"Pengembangan lainnya yakni penyempurnaan dan penguatan jaringan di lingkungan kota dan penguatan jaringan internet di masyarakat," terangnya.

Salah satu yang menjadi target kata dia yakni membangun secara merata jaringan fiber optik yang menjadi sarana internet cepat.

"Kami berharap tahun ini Padang bisa menjadi salah satu kota siber atau kota dengan koneksi internet cepat," sebut dia.

Sementara itu salah satu pegawai di PT Telkom, Rani berharap jaringan fiber optik bisa dibangun merata di seluruh kelurahan Padang.

Meskipun demikian, kata dia sosialisasi terkait fiber tersebut dapat diperkuat agar masyarakat tertarik.

Sebab katanya selama ini banyak masyarakat tertarik menggunakan jaringan internet cepat seperti "Indihome" namun tidak bisa memasang karena belum masuknya jaringan ke daerah tersebut. (*)