Rektor UBH Ketua KK Kemaritiman FRI

id UBH

Rektor UBH Ketua KK Kemaritiman FRI

Logo, Universitas Bung Hatta. (Antara)

Padang, (Antara Sumbar) - Rektor Universitas Bung Hatta (UBH), Padang, Sumatera Barat, Prof Niki Lukvirman menjadi Ketua Kelompok Kerja (KK) Kemaritiman Forum Rektor Indonesia (FRI).

Niki menjadi ketua dalam pertemuan bersama para rektor perguruan tinggi di Indonesia dalam Focus Group Discussion (FGD) FRI khusus Kelompok Kerja Kemaritiman yang berlangsung di Universitas Muhammadiyah Jakarta, beberapa waktu lalu, kata Humas UBH Bayu Haryanto di Padang, Jumat.

Pada pertemuan itu, Prof Niki juga menjadi pembicara dalam FGD yang bertajuk revitalisasi kemaritiman dan sumber daya laut ini diikuti oleh 18 rektor perguruan tinggi se-Indonesia.

Dalam kesempatan itu ia mengatakan FGD itu sebagai upaya optimalisasi sumbangan FRI dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, sehingga diperlukan adanya kebijakan yang terkait dengan pengembangan kemaritiman dan sumber daya laut.

Sementara itu, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman telah mengeluarkan dua agenda prioritas pemerintah sebagai program kerja yakni, mengamankan kepentingan dan keamanan maritim Indonesia,khususnya batas negara, kedaulatan maritim, dan sumber daya alam.

Lalu, meningkatkan produktivitas rakyat dan daya saing di pasar internasional sehingga bangsa Indonesia bisa maju dan bangkit bersama bangsa-bangsa Asia lainnya dengan membangun 10 pelabuhan baru dan merenovasi yang lama. (*)