Wakapolda Sumbar : Kembalikan Kepercayaan Masyarakat Terhadap Polisi

id wakapolda

Wakapolda Sumbar : Kembalikan Kepercayaan Masyarakat Terhadap Polisi

Wakapolda Sumbar Kombes Pol Nur Afiah. (Istimewa)

Pulau Punjung, (Antara Sumbar) - Wakil Kepala Kepolisian Daerah (Wakapolda) Sumatera Barat Komisaris Besar Polisi Nur Afiah, meminta Polres di provinsi itu untuk terus membangun rasa kepercayaan masyarakat terhadap institusi polisi dengan bekerja secara profesional.

"Polisi beri kepastian ke pada masyarakat bahwa mereka mendapatkan pelayan dan pelindung serta penegakan hukum secara profesional. Bukan sebaliknya," kata Wakapolda di Pulau Punjung, Minggu.

Hal itu dikemukakan Wakapolda saat berkunjung ke Polres Dharmasraya bersama delapan Kapolres di Sumatera Barat, diantaranya Kapolres Solok selatan, Payakumbuh, Sawahlunto, Sijunjung, Solok, Kota Solok, Pasaman Timur, dan Tanah Datar.

Ia meminta seluruh jajaran kepolisian wilayah polda Sumbar untuk tetap solid dalam setiap kegiatan sebagai upaya membangun kepercayaan masyarakat terhadap institusi kepolisian.

Penanganan kasus harus profesional, sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP), jangan sampai ada komplain dari masyarakat, kembalikan kepercayaan masyarakat, jelasnya.

Ia menegaskan akan memberi tindakan tegas terhadap oknum anggota di jajaran Polda Sumbar jika ada yang terlibat tindak pidana dan kasus penyalahgunaan narkoba.

Untuk itu sebagai keluarga besar Polri, saya meminta sesama anggota dapat membantu dan memberikan solusi jika ada sesama anggota tersandung masalah. Jangan di diamkan, katanya

Ia menambahkan, pihaknya menyampaikan ucapan terikasih kepada Kapolres Dharmasraya karena hingga saat ini daerah itu masih dalam keadaan aman dan kondusif.

"Tentu ini kami apresiasi, berada di wilayah perbatasan ketertiban dan keamanan masyarakat masih kondisif. Kami harap ini tidak membuat personel cepat puas," katanya.

Sementara itu, Wakil Bupati Dharmasraya, Amrizal saat mendampingi Wakapolda menyebutkan daerah itu siap bekerjasama dengan kepolisian daerah itu guna menciptakan kondisi yang kondusif, aman, dan melindungi masyarakat.

"Kami selaku pemerintah bersama polres Dharmasraya siap menjaga Daerah ini," katanya.

Pada kesempatan Wakapolda mengikuti berbagai kegiatan seperti jalan santai, tembak mahir serta hiburan yang disediakan panitia. selain itu, Wakapolda bersama rombongan juga meninjau pembangunan Makobrimob di Nagari (Desa Adat) Koto Padang, Kecamatan Koto Baru. (*)