Pemkab Pesisir Selatan Segera Salurkan 31 Unit Kapal Tangkap

id kapal

Pemkab Pesisir Selatan Segera Salurkan 31 Unit Kapal Tangkap

(ANTARA FOTO/Basri Marzuki)

Painan, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) segera menyalurkan 31 unit kapal tangkap bagi kelompok nelayan di daerah itu.

Kepala Dinas Perikanan Pesisir Selatan, Syuheri di Painan, Kamis, mengatakan, 31 unit kapal tersebut disalurkan ke kelompok nelayan berdasarkan proposal bantuan yang diajukan beberapa waktu lalu.

"Setelah kami telaah selanjutnya kami teruskan ke Kementerian Kelautan dan Perikanan, sesuai informasi dalam waktu dekat kapal-kapal tersebut akan tiba di Pesisir Selatan," ujarnya.

Ia menjelaskan kapal-kapal tersebut dengan spesifikasi diantaranya kurang dari lima gross ton (GT), Kapal lima GT dan kapal 10 GT.

Ia mengatakan bantuan kapal sangat dibutuhkan masyarakat daerah setempat karena hampir sebagian mereka berprofesi sebagai nelayan.

Hal itu menurutnya sesuai dengan letak geografis daerah yang memiliki garis pantai sepanjang sepanjang 218 kilometer.

"Pesisir Selatan berada di pinggir pantai dan otomatis salah satu mata pencaharian masyarakat adalah nelayan, makanya bantuan pengadaan kapal ini akan sangat dibutuhkan," ujar dia.

Ia menyebutkan bantuan bagi kelompok nelayan tersebut hanya diperuntukkan bagi kelompok yang memiliki legalitas jelas serta telah bergabung dengan koperasi nelayan dan juga telah memiliki badan hukum.

Syuheri pun berharap dengan bantuan pengadaan kapal bisa meningkatkan hasil tangkapan nelayan dan yang tidak kalah penting adalah kesejahteraan hidup nelayan juga meningkat. (*)