Pembaikan Jalan Talu-Lubuk Sikaping Segera Dilanjutkan

id perbaikan jalan

Pembaikan Jalan Talu-Lubuk Sikaping Segera Dilanjutkan

Perbaikan jalan. (ANTARA FOTO)

Simpang Empat, (Antara Sumbar) - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) segera memperbaiki jalan penghubung dua kabupaten antara Pasaman Barat dengan Pasaman di Talu Pasaman Barat-Lubuk Sikaping Pasaman pada 2017.

Kepala Seksi (Kasi) Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Provinsi Sumbar, Yunita di Simpang Empat, Rabu, membenarkan jalan itu akan diperbaiki pada tahun 2017.

Ia mengatakan jalan provinsi tersebut sering longsor ketika hujan deras dan kondisinya pun buruk.

"Alokasi anggaran dari Dana Alokasi Khusus (DAK) mencapai Rp7,5 miliar dan APBD Provinsi Sumbar sebanyak Rp 4,5 miliar," katanya.

Namun, pelebaran jalan yang menghubungkan dua kabupaten itu masih terkendala akses jembatan yang rusak di Aia Angek Talu. Jembatan tersebut merupakan aset Kabupaten Pasaman Barat.

Jika jembatan tersebut sudah diperbaiki maka pembangunan jalan akan bisa dilanjutkan.

"Kita berikan waktu perbaikan akses jalan lintas provinsi yang masih terhalang di jembatan Aia Angek Talu kepada Pemkab Pasaman Barat sampai bulan Maret mendatang," katanya.

Ia menyebutkan pada Maret tersebut proyek akan segera dimulai dan sekarang sudah mulai proses tender.

Jika Pemkab Pasaman Barat tidak bisa menyelesaikan kendala, maka anggaran yang telah ditetapkan itu dialihkan kepada daerah lain.

"Anggaran itu sudah ada, sayangkan jika dialihkan ke daerah lain. Makanya kita minta dukungan Pemkab Pasaman Barat dan masyarakat agar akses jalan itu kita perbaiki," ujarnya.

Kemudian, yang akan beruntung dalam perbaikan jalan tersebut tidak lain tidak bukan masyarakat Pasaman dan Pasaman Barat.

Panjang jalan provinsi yang menghubungkan dua kabupaten tersebut mencapai 28 kilometer.

Berdasarkan anggaran yang tersedia dari DAK dan APBD Provinsi Sumbar akses jalan akan diperbaiki sepanjang dua kilometer dengan pelebaran jalan diperkirakan 12 meter dan ketebalan aspal 6,3 cm.

Sementara itu, Bupati Pasaman Barat, Syahiran melalui Dinas PU dan Tata Ruang Pasaman Barat, Rafaan menjamin apa yang menjadi kendala tersebut bisa diatasi.

Hal ini dijamin dengan alokasi dana yang telah disediakan mencapai Rp120 juta dari APBD Pasaman Barat.

"Kita akan usahakan jembatan itu bisa diperbaiki. Sebab, tanpa perbaikan jembatan itu pembangunan jalan belum bisa dilajutkan," ujarnya. (*)