Layanan Kesehatan Pasbar Jadi Perhatian Khusus Dinkes Sumbar

id Dinas Kesehatan, Pasaman Barat

Layanan Kesehatan Pasbar Jadi Perhatian Khusus Dinkes Sumbar

Bupati Pasbar, Syahiran saat menyambut Dinas Kesehatan Sumbar di Simpang Empat, Kamis (2/2). (ANTARA SUMBAR/Altas Maulana)

Simpang Empat, (Antara Sumbar) - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) memberikan perhatian khusus kepada Kabupaten Pasaman Barat terkait layanan kesehatan yang belum maksimal terutama persoalan akses layanan kesehatan yang masih terbatas.

"Pasaman Barat menjadi perhatian bagi kami dari segi kesehatan. Apalagi daerah ini masih berstatus daerah tertinggal," kata Kepala Dinas Kesehatan Sumbar, Merry Yuliesday saat kunjungannya ke Simpang Empat, Kamis.

Ia mengatakan salah satu masalah kesehatan di Pasaman Barat timbul akibat sulitnya akses transportasi menuju beberapa daerah terisolasi. Sehingga hal itu memperlambat layanan kesehatan bagi masyarakat di lokasi tersebut.

"Kita akan realisasikan beberapa program pengentasan masalah kesehatan yang ada di Pasaman Barat. Terutama pada jorong-jorong (dusun) terisolasi yang menjadi perhatian," katanya.

Ia menyebutkan program itu nantinya akan dikoordinasikan dengan Dinas Kesehatan Pasaman Barat. Sehingga apa yang diharapkan dapat tercapai.

Bupati Pasaman Barat, Syahiran dalam menyatakan siap menampung semua program pengentasan masalah kesehatan dari Pemprov Sumbar.

"Kepada para pimpinan puskesmas agar sensitif terhadap permasalahan kesehatan di wilayah masing-masing. Beri pelayanan yang maksimal kepada masyarakat," katanya.

Ia menyebutkan komunikasi yang intensif dengan Dinas Kesehatan sangat penting agar semua permasalahan kesehatan di tengah masyarakat dapat ditindaklanjuti dengan cepat.

Kepada petugas kesehatan di Pasaman Barat untuk mampu memperlihatkan kinerja yang lebih baik dan melayani masyarakat dengan keramahan.

"Beberapa pimpinan puskesmas sudah kita lantik beberapa waktu lalu. Semoga dapat memperlihatkan perubahan yang lebih baik dan perkembangan positif bidang kesehatan nantinya," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Pasaman Barat, Haryunidra mengatakan kedepannya akan melakukan pelatihan khusus bagi kepala puskesmas dan kepala tata usaha tiap-tiap puskesmas dalam rangka meingkatkan kemampuan.

"Pelatihan ini sangat penting untuk memperoleh manajemen puskesmas yang lebih baik yang akan berimbas pada peningkatan derajat dan kualitas pelayanan kesehatan," katanya. (*)