KRI Leuser-924 Tarik Perhatian Masyarakat

id kapal

KRI Leuser-924 Tarik Perhatian Masyarakat

Ilustrasi - KRI MAKASAR-590. (ANTARA TV SUMBAR)

Padang, (Antara Sumbar) - Kapal Republik Indonesia (KRI) Leuser-924 yang merapat di Dermaga Teluk Bayur, Padang, Sumatera Barat (Sumbar) pada Kamis menarik perhatian masyarakat.

"Kami dari Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) Padang akan memberikan akses yang luas bagi masyarakat yang ingin melakukan kunjungan, selagi kondisinya memungkinkan seperti saat ini," kata Komandan Lantamal Padang, Laksma TNI Rudwin Thalib di Padang, Kamis.

Pada kesempatan tersebut terdapat sekitar 150 murid Taman Kanak-kanak (TK) yang datang melakukan kunjungan ke kapal perang tersebut.

Bebebarapa di antaranya adalah murid TK Hang Tuah Siteba, TK Adabiah, dan TK Adyaksa.

Para murid yang didampingi guru masing-masing, tampak antusias ketika berada di dalam kapal perang milik Indonesia tersebut.

Sebelum masuk kapal, para murid diberikan penjelasan oleh personel staf Dinas Potensi Maritim (Dispotmar) Lantamal II Padang untuk prosedur keselamatan dan keamanan.

Sementara di dalam kapal para murid dikenalkan pada bagian kapal serta fungsi peralatan oleh ABK KRI Lauser.

Komandan KRI Leuser-924 Mayor Laut (P) Faisal mengaku senang melihat antusias yang ditunjukin para murid.

Ia menjelaskan kapal perang tersebut saat ini sedang melaksanakan operasi Rakata Jaya 2017 di wilayah perairan Barat Sumatera.

KRI Leuser-924 adalah kapal perang yang berada di Komando Armada Ri Kawasan Barat (Koarmabar), dan termasuk dalam jajaran Satuan kapal bantu.

Memiliki spesifikasi panjang kapal 71,50 meter, lebar 13 meter, draf 5,50 meter, bobot muatan penuh 2.300 ton, kecepatan jelajah maksimal 15,20 knot.

Dilengkapi persenjataan berupa dua pucuk meriam kal 20 milimeter, dan 1 pucuk meriam kal 40 milimeter. (*)