Keltan Bangun Nagari Tanah Datar Dapat Bantuan Laboratorium

id petani, tanah datar

Keltan Bangun Nagari Tanah Datar Dapat Bantuan Laboratorium

(ANTARA SUMBAR/Joko Nugroho)

Batusangkar, (Antara Sumbar) - Kelompok tani (Keltan) Bangun Nagari Jorong Gudam, Nagari Pagaruyung, Kecamatan Tanjung Emas, Tanah Datar, Sumatera Barat menerima bantuan untuk pembangunan laboratorium pupuk organik dan mushala dari PT PLN (Persero) P3B Unit Layanan Transmisi (UPT) Padang.

Bantuan yang kita terima sebesar Rp107,5 juta terdiri dari pembangunan gedung laboratorium beserta peralatannya sebesar Rp100 juta dan mushala sebesar Rp7,5 juta," kata Ketua Keltan Bangun Nagari, Rusiadi di Batusangkar, Jumat.

Ia mengatakan pembangunan gedung laboratorium pupuk organik dan mushalla sudah dimanfaatkan oleh anggota kelompok tani dan masyarakat sekitar.

"Dalam realisasinya juga terdapat swadaya anggota dan masyarakat dan jika ditotal hasilnya bisa mencapai Rp150 juta," ujarnya.

Ia menjelaskan dengan adanya laboratorium pupuk organik ini keltan sudah mampu memproduksi sekitar 20 ton kompos setiap bulan yang dimanfaatkan oleh petani di Nagari Pagaruyung serta dijual keluar daerah.

"Sedangkan mushala telah dimanfaatkan masyarakat untuk acara Yasinan dan Shalat berjamaah setiap hari," katanya.

Sementara Manager PLN (Persero) P3B-UPT Padang, Donny Rinaldi mengatakan bantuan tersebut bukan sekedar melepaskan beban perusahaan semata, tetapi PLN ingin selalu dekat dengan masyarakat.

"Bantuan ini bentuk kepedulian kita kepada masyarakat, PLN terbuka untuk semua masyarakat yang membutuhkan bantuan," ujarnya.

Ia menyebutkan untuk pembangunan rumah ibadah mushala di Sumbar telah diberikan bantuan sebanyak 10 unit, kemudian juga berbagai bentuk kepedulian lainnya yang bisa langsung dimanfaatkan oleh masyarakat.

"Dengan bantuan ini kita mengharapkan anggota keltan dan masyarakat sekitar dapat memanfaatkannya dengan baik untuk meningkatkan kesejahteraannya," katanya. (*)