Ditpolair Polda Sumbar Dapat Tambahan Kapal Baru

id kapal patroli

Ditpolair Polda Sumbar Dapat Tambahan Kapal Baru

Ilustrasi - (ANTARA FOTO)

Padang, (Antara Sumbar) - Direktorat Polisi Perairan Kepolisian Daerah Sumatera Barat mendapatkan tambahan satu unit kapal baru berukuran besar untuk menunjang kinerjanya dalam mengawal perairan provinsi itu.

"Kami mengusulkan pembelian kapal baru ini pada Desember 2016 dan telah disetujui oleh Mabes Polri," kata Wakil Kepala Kepolisian Daerah (Waka Polda) Sumbar Kombes Pol Nur Afiah di Padang, Kamis.

Ia mengatakan kapal tersebut kemungkinan akan bersandar di Markas Ditpolair Sumbar pada akhir Februari 2017.

Pengajuan kapal dengan ukuran besar ini dikarenakan Ditpolair Polda Sumbar hanya memiliki lima unit kapal dengan ukuran kecil dalam menjalankan tugasnya.

"Kinerja selama ini sebenarnya cukup baik dengan 10 unit kapal kecil di perairan sumbar, namun tidak bisa mencapai wilayah terluar," katanya.

Kapal besar yang diberikan oleh Mabes Polri tersebut mampu menampung 150 personel dalam melakukan patroli.

Pihak kepolisian perairan selama ini sering mengalami kendala dengan sarana kapal untuk perairan yang cukup jauh dari daratan Sumbar seperti Kepulauan Mentawai.

"Penambahan kapal ini tentunya akan menambah sarana untuk menunjang fungsi Ditpolair Polda Sumbar," ujarnya.

Ia mengatakan kawasan perairan yang dijaga oleh pihak Pol Air cukup luas yang terdiri dari beberapa kepulauan. Sehingga penambahan kapal merupakan sesuatu yang dibutuhkan.

"Patroli yang dilakukan oleh Ditpolair Polda Sumbar merupakan suatu tugas vital yang harus dilakukan Ditpolair Sumbar dalam mengawal perairan di Sumatera Barat," katanya. (*)