Bupati Agam Inginkan Pejabat Kuasai IT

id Indra Catri

Bupati Agam Inginkan Pejabat Kuasai IT

Bupati Agam, Indra Catri.

Lubuk Basung, (Antara Sumbar) - Bupati Agam, Sumatera Barat, Indra Catri menginginkan seluruh pejabat menguasai informasi dan teknologi (IT) agar terjadi peningkatan kapasitas pemerintah daerah setempat.

"Seluruh pejabat dituntut mampu menguasai IT dalam mengikuti perkembangan zaman," katanya di Lubuk Basung, Jumat.

Ia menambahkan ini penting untuk mendukung kinerja dan pelayanan publik agar semakin optimal, sehingga masyarakat bisa terlayani dengan baik.

Hal ini sekaligus menunjukkan keseriusan untuk mewujudkan program "smart regency" atau kabupaten cerdas.

"Bagi pejabat yang belum mengeti IT diminta untuk mempelajari agar program 'smart regency' atau kabupaten cerdas akan terwujud," katanya.

Selain itu, pejabat harus memahami tugas pokok dan fungsi. Serta menguasai aturan yang mendukung pelaksana tupoksi pada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) masing-masing.

"Terjemahkan kebijakan pimpinan OPD. Jangan selalu menunggu perintah dan mengabaikan tanggung jawab. Pegawai harus loyal pada pimpinan," tambahnya.

Untuk mengisi OPD baru, katanya, pihaknya sudah melantik sebanyak 657 pejabat yang berasal dari eselon II, III dan IV.

Pelantikan ini dilakukan sebanyak empat tahap. Pada tahap pertama sebanyak 134 orang pada Jumat (30/12), pelantikan kedua sebanyak 200 orang pada Jumat (6/1), pelantikan ketiga sebanyak 108 orang pada Kamis (19/1) dan pelantikan ketiga sebanyak 215 orang pada Kamis (9/2).

Pelantikan ini berdasarkan UU Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah.

Selain itu, Peraturan Pemerintah No 18 tahun 2016 tentang perangkat daerah dan Perda Kabupaten Agam No 11 tahun 2016 pembentukan susunan organisasi perangkat daerah. (*)